Sukses

Parenting

5 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Anak-anak

Fimela.com, Jakarta Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti karena bersifat mematikan. Gejala kanker cukup sulit dideteksi sejak dini sehingga tidak sedikit penderita kanker yang meregang nyawa karenanya. Melansir dari laman parenting.com, kanker tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa menjadi korban dari keganasan kanker.

Pada anak-anak sendiri ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang. Kanker ini juga bersifat sangat mematikan. Berikut jenis kanker yang paling sering menyerang anak-anak.

Leukimia

Leukimia adalah kanker paling berbahaya pada anak. Kanker ini menyebabkan pembentukan sel leukosit abnormal yang dampalnya bisa menghentikan pembentukan leukosit, menggangu produksi trombosit dan eritosit dalam tubuh. Leukimia bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh mulai dari gusi, kulit, organ otak, limpa, testis hingga tulang.

Kanker Sistem Saraf Pusat

Neuroblastoma

Sel kanker karena penyakit ini bisa ditemukan di berbagai bagian tubuh. Biasanya menyerang anak usia bawah 10 tahun. Kanker ini bisa berkembang pada anak sejak ia masih embrio atau janin. Yang paling umum, kanker ini ditemukan di perut dekat ginjal. Gejala kanker ini adalah tubuh demam, kehilangan nafsu makan dan mual serta muntah.

Kanker Sistem Saraf Pusat

Kanker jenis ini berawal di otak bagian bawah yang kemudian bisa menyebar ke tulang belakang. Akibat dari kanker ini anak bisa kehilangan kemampuan berpikir, kelumpuhan bahkan meninggal dunia.

Lymphoma

Kanker jenis ini merupakan kanker yang menyerang sel imunitas atau limfosit. Lymphoma menyebabkan pembengkakan di kelenjar tubuh yang dekat dengan sel kanker. Gejala dari kanker ini antara lain anak lemas, demam tinggi, penurunan berat badan secara drastis hingga keringat berlebih.

Kanker Tulang

Kanker tulang biasa ditemukan pada anak yang memasuki usia pubertas atau usia remaja. Gejala dari kanker ini adalah tulang terasa nyeri saat suhu rendah, saat malam atau saat tubuh digerakkan.

Itulah beberapa jenis kanker yang paling sering menyerang anak-anak. Yuk Mom, lebih peduli dan teliti lagi dengan kesehatan buah hati pun diri sendiri. Jika badan terasa tak nyaman atau bahkan ada sesuatu yang tak biasa, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading