Sukses

Parenting

5 Penyebab Umum Susah Tidur di Kehamilan Trimester Pertama

Fimela.com, Jakarta Salah satu tips penting menjaga kesehatan selama kehamilan adalah mendapatkan tidur cukup. Tapi pada kenyataannya banyak perempuan yang justru sulit tidur di kehamilan trimester pertama. Sudah niat untuk tidur lebih awal setiap malamnya tapi ternyata sangat susah sekali.

Awal kehamilan bisa jadi masa yang terberat. Sebab ada banyak perubahan fisik yang dialami. Delapan dari sepuluh ibu hamil pun bisa mengalami masalah susah tidur di awal kehamilan. Dilansir dari mother.ly, ada empat penyebab umum yang membuat ibu hamil sering mendapat masalah atau gangguan tidur di trimester pertama. Selengkapnya, langsung kita sima uraiannya di sini, yuk1

1. Meningkatnya hormon progesteron

Tingginya level hormon progesteron pada awal kehamilan membuat kita biasanya merasa letih dan sangat capek sepanjang hari. Hal ini pun bisa mengganggu waktu tidur malam kita yang kemudian membuat tubuh terasa capek pada siang hari berikutnya, siklus ini pun bisa kadang begitu sulit untuk diatasi sehingga membuat kita selalu merasa capek dan kehabisan energi tapi tetap susah untuk bisa tidur nyenyak pada malam hari. Ada baiknya untuk bisa meluangkan waktu untuk tidur siang sebentar supaya kondisi tubuh bisa lebih stabil.

2. Mual

Sekitar 75% perempuan mengalami mual di awala kehamilannya. Mual dan muntah bahkan tak hanya terjadi pada pagi hari, melainkan juga pada malam hari yang sangat mengganggu tidur kita. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah minum segelas jahe hangat sebelum tidur untuk mengatasi mual. Sehingga bisa lebih mudah mendapatkan tidur nyenyak.

3. Rasa lapar tengah malam (midnight hunger)

Rasa cepat lapar atau selalu lapar pada tengah malam kadang bisa mengganggu dan menyulitkan kita untuk bisa tidur nyenyak. Solusi untuk masalah ini bukan sekadar harus "makan banyak". Tapi menjaga pola makan tetap seimbang dan sehat bernutrisi. Cukupi kebutuhan protein dan buah-buahan segar untuk membuat kita tidak gampang lapar sekaligus memberikan nutrisi yang pas sesuai kebutuhan si kecil dalam kandungan.

4. Bolak-balik kebelet pipis

Pertumbuhan pada rahim menekan saluran kencing pada awal kehamilan bisa membuat kita merasa harus bolak-balik buang air kecil. Bolak-balik kebelet pipis pada malam hari juga bisa sangat menyulitkan kita untuk mendapat tidur yang nyenyak. Hindari minuman berkafein agar tidak mudah kebelet pipis pada malam hari. Selalu usahakan untuk selalu buang air dulu sebelum tidur dan tak terlalu banyak minum air ketika mau masuk jam tidur.

5. Rasa cemas berlebihan

Rasa cemas berlebihan, payudara yang terasa nyeri, dan heartburn yang dialami pada awal kehamilan bisa menyulitkan kita untuk menemukan posisi yang nyaman untuk tidur. Insomnia pun menjadi salah satu isu paling umum yang dialami perempuan hamil. Kalau sering sulit mendapatkan tidur nyenyak dan cukup pada malam hari, cobalah untuk merilekskan tubuh dengan mandi air hanga, minum segelas susu, atau membaca buku.

Kalau masalah susah tidur ini sangat susah diatasi, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya. Kondisi setiap ibu hamil pun bisa berbeda satu sama lain.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Mual Saat Hamil Muda, Apa Sih Penyebabnya?
Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Nanas, Benarkah Menyebabkan Keguguran?