Sukses

Parenting

5 Tips Anak Suka Makan Sayur dengan Cara yang Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Membuat anak suka makan sayur kadang jadi persoalan yang cukup bikin pusing bagi sebagian orangtua. Bahkan kadang kita sebagai orangtua sampai memberi ancaman pada anak agar mau makan sayur. Tapi semakin diancam atau disuruh, biasanya anak akan makin sulit makan sayur.

Kita perlu menggunakan cara yang fun atau menyenangkan agar anak mau makan sayur. Tak perlu pakai ancaman apalagi sampai membuat anak tertekan ketika diarahkan untuk makan sehat. Ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk membuat anak suka makan sayur.

1. Jadi panutan dengan mencontohkan langsung makan sayuran

Dalam keseharian, kita bisa langsung jadi panutan untuknya. Tunjukkan ekspresi kita yang bahagia saat makan sayur. Anak bisa jadi peniru yang ulung. Apa yang dilihat bisa langsung diikuti dan ditirunya. Bila kita ingin anak suka makan sayur, maka kita juga perlu memperlihatkan rasa suka juga ketika makan sayur di depannya.

2. Memasak sayur bersama

Mungkin selama ini kita mencoba menyiasati untuk "menyembunyikan" sayur dalam lauk yang kita berikan pada anak. Tapi cara ini malah bisa jadi bumerang dan membuat anak jadi makin takut mencoba makanan baru karena khawatir "ditipu" lagi. Sebab anak bisa sangat peka dan sensitif terhadap rasa sayuran. Cara lain yang bisa dicoba adalah mengajak anak untuk memasak sayur bersama. Pilih aneka sayur segar dengan warna terang. Buat sajian dengan bentuk-bentuk sayuran yang dibuat menarik.

3. Minta anak untuk mencoba dulu sesuai kemampuannya

Saat kita memaksa anak untuk menghabiskan semua sayuran sekaligus di saat sebenarnya ia masih belum bisa beradaptasi dengan rasa sayurannya, anak malah bisa makin membenci sayuran. Sebab nantinya dia malah mengaitkan sayuran dengan perasaan negatif. Izinkan anak untuk mencoba dulu sayuran sesuai kemampuannya. Begitu ia sudah familier dengan rasa sayuran, dia bisa menambah banyaknya sayuran yang dikonsumsi sesuai selera.

4. Jelaskan manfaat sayuran yang dikonsumsi dengan cerita menarik

Apa saja kandungan sayuran hijau dan manfaatnya untuk kesehatan bisa kita jelaskan pada anak dengan cerita menarik. Sehingga anak bisa dapat pemahaman bahwa makan sayuran itu baik. Bahkan ada banyak manfaat dan kebaikan yang bisa dia peroleh dari memperbanyak makan sayur ini.

5. Beri apresiasi saat anak berhasil makan sayur

Biar anak makin semangat makan sayur, kita bisa memberinya apresiasi. Sekadar berterima kasih padanya karena sudah berani makan sayur bisa jadi motivasinya sendiri. Sesekali memberikan hadiah pada anak yang berhasil makan sayur pun bisa. Tapi cukup sesekali saja memberi hadiahnya supaya tidak jadi ketergantungan, ya.

Ada banyak tips dan strategi yang bisa kita coba untuk membuat anak doyan makan sayur. Semoga info di atas bisa jadi tips yang bisa langsung dicoba untuk membuat anak suka makan sayur, ya.

 

;
Loading