Sukses

Parenting

5 Kelebihan Anak ADHD, Setiap Anak Itu Istimewa

Fimela.com, Jakarta Ketika pertama kali mendengar anak didiagnosis mengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), sebagian orangtua mungkin langsung merasa cemas. ADHD seperti yang dilansir dari Wikipedia adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Tanda dan gejala umumnya antara lain anak yang selalu tampak gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang, dan selalu meninggalkan keadaan yang tetap seperti sedang duduk, atau sedang berdiri.

Meski kadang anak ADHD dicap nakal, tapi sebenarnya dia memiliki sejumlah kelebihan. Dikutip dari blogs.psychcentral.com, anak ADHD hiperatif impulsif memiliki lima kelebihan ini. Selengkapnya, langsung kita cari tahu di sini ya.

1. Gesit

Anak ADHD umumnya cepat dan gesit. Saat berada di taman bermain misalnya, dia seperti tak pernah kehabisan energi untuk berlari, melompat, memanjat pohon, dan sebagainya. Area korteks motor mereka lebih aktif sehingga mereka bisa sangat lincah dan membuatnya bisa sangat atletik.

2. Kaya Ide

Saat ingin keluar rumah, maka ia akan melakukan berbagai macam cara untuk melakukannya. Saat ingin membuka laci yang terkunci, dia bisa mencoba banyak cara untuk membukanya. Anak ADHD bisa penuh dengan ide. Setiap benda dan objek bisa jadi media untuk mencapai tujuannya. Apapun yang ada di sekitarnya bisa memicu rasa ingin tahunya.

3. Berani

Keberaniannya ini kadang yang membuat orangtua cemas. Anak ADHD bisa memiliki keberanian tinggi mencoba berbagai hal baru yang ada di sekitarnya. Dia bisa jadi yang pertama kali mengambil risiko melakukan sesuatu untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

4. Rasa Ingin Tahunya Tinggi

Dunia penuh dengan berbagai hal menarik untuk diselidiki dan diungkap. Rasa ingin tahu anak ADH bisa sangat tinggi. Dia pun bisa mengeksplorasi berbagai hal dengan caranya sendiri. Rasa ingin tahunya ini pun bisa jadi kelebihan yang dapat mendorongnya bisa membuat penemuan baru di masa yang akan datang.

5. "Tahan Banting"

Meski saat bermain ia jatuh berulang kali, dia bisa selalu bangkit dan lanjut bermain. Saat mengikuti kegiatan olahraga, dia bisa jadi yang paling "tahan banting". Bisa melakukan berbagai hal dan gerakan tanpa cepat merasa capek. Tapi kita sebagai orangtua sebaiknya harus selalu bisa mengawasinya agar si kecil tidak cedera.

Atlet profesional seperti Michael Phelps (seorang perenang Amerika Serikat dan pemecah rekor dunia)dan Terry Bradshaw juga mengidap ADHD. Setiap anak itu istimewa. Anak ADHD pun memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya bisa lebih unggul dari anak-anak lainnya.

Loading