Sukses

Parenting

Mengatasi Konstipasi saat Hamil, Coba 3 Cara Mudah Ini

Fimela.com, Jakarta Konstipasi atau susah buang air besar saat hamil kadang bisa jadi hal yang cukup merisaukan. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa memperlambat sistem pencernaan tubuh. Sehingga bisa menyebabkan konstipasi yang cukup mengganggu.

Kalau kondisi konstipasi tidak segera ditangani, nantinya bisa berisiko menyebabkan wasir yang pastinya bakal bikin tubuh terasa sangat tidak nyaman selama kehamilan. Dilansir dari verywellfamily.com, ada tiga cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi konstipasi. Tiga cara sederhana ini bisa jadi pertolongan pertama sebelum mengonsumsi obat atau berkonsultasi ke dokter. Selengkapnya, langsung simak infonya di sini ya.

1. Minum Banyak Air Putih

Jangan langsung keburu panik bila susah buang air besar saat hamil. Coba perbanyak air putih. Minum lebih banyak air putih. Bisa juga coba minum air putih hangat untuk membantu melancarkan pencernaan.

2. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Aneka buah dan sayuran segar serta kacang-kacangan bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat selama hamil. Coba konsumsi lebih banyak serat untuk memperlancar pencernaan dan mengatasi konstipasi atau sembelit. Minum jus buah plum bisa jadi salah satu alternatif yang bisa sangat memudahkan kita mengatasi konstipasi saat hamil.

3. Perbanyak gerak tubuh atau olahraga

Bukan berarti harus langsung melakukan olahraga berat seperti aerobik atau lari beberapa kilometer. Memperbanyak gerak tubuh pun bisa sangat membantu untuk mengatasi konstipasi. Jalan kaki ringan keliling kompleks bisa jadi salah satu cara mudah untuk mengatasi konstipasi. Selain itu, menggerakkan tubuh dan meningkatkan detak jantung juga bisa sangat baik untuk menjaga kebugaran selama kehamilan.

Kebanyakan konsumsi kalsium juga bisa menyebabkan konstipasi. Jadi konsumsi susu, keju, dan ragam produk susu lainnya jangan sampai terlalu berlebihan, ya. Bila masalah konstipasi tak kunjung sembuh segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Perubahan Kulit dan Rambut Saat Hamil, Sudah Tahu?
Artikel Selanjutnya
Menurunkan Berat Badan yang Aman Usai Melahirkan, Simak 4 Tipsnya!