Sukses

Parenting

7 Bahan Alami untuk Mengobati Gigitan Nyamuk pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Gigitan nyamuk bisa menimbulkan rasa gatal dan bentol yang sangat mengganggu. Pada bayi, gigitan nyamuk bisa membuatnya rewel bahkan kulitnya bisa iritasi. Biasanya kita akan mengandalkan minyak kayu putih untuk mengobati gigitan nyamuk pada bayi ini, tapi sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasinya.

Gigitan nyamuk bisa meninggalkan bekas bentol dan kemerahan pada kulit bayi. Hal ini pun bisa membuat bayi menggaruk-garuk bekas gigitan nyamuk yang dikhawatirkan malah akan menyebabkan lecet dan iritasi. Tapi ada bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi gigitan nyamuk tersebut, seperti yang dilansir dari boldsky.com berikut ini.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan tersebut bisa bantu meredakan bengkak dan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Seduh kantong teh hijau di air hangat, lalu dinginkan, dan simpan dalam kulkas. kantung teh ini bisa digunakan untuk mengompresi bekas gigitan nyamuk dan meredakanya.

Cuka Apel

Kandungan asam pada cuka apel bisa mengatasi rasa gatal dan bentol karena gigitan nyamuk. Oleskan cuka apel secukupnya pada bekas gigitan nyamuk. Lakukan beberapa kali sampai bekas gigitannya sembuh.

Madu

Madu alami merupakan bahan terbaik untuk mengatasi gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk. Cukup oleskan pada bekas gigitan nyamuk. Kandungan madu ini pun bisa bantu mencegah infeksi.

Gel Lidah Buaya

Mungkin bekas gigitan nyamuk yang gatal sudah telanjur digaruk dan menimbulkan sedikit goresan luka. Coba ambil gel lidah buaya secukupnya untuk dioleskan pada bekas gigitan nyamuk ini. Dalam beberapa hari bekas gigitan nyamuk ini bisa segera sembuh.

Air Perasan Jeruk Lemon

Kandungan air perasan jeruk lemon bisa bantu menetralkan alergen pada gigitan nyamuk. Selama bekas gigitan nyamuk belum digaruk dan tidak lecet, kita bisa langsung mengoleskan air perasan jeruk lemon secukupnya pada permukaan kulit bekas gigitan nyamuk. Tapi kalau si kecil merasa tak nyaman karena sensasi perih yang didapat dari air lemon ini, sebaiknya ganti dengan bahan lain.

Garam

Larutkan garam dan air secukupnya sampai jadi pasta kental. Lalu oleskan pada bekas gigitan nyamuk. Tapi cara ini hanya bisa digunakan bila bekas gigitan nyamuk belum digaruk atau lecet. Sebab sama seperti efek yang mungkin ditimbulkan dari air perasan jeruk lemon, larutan garam ini bisa menyebabkan sensasi yang agak perih pada kulit yang sudah digaruk.

Bawang Bombay

Seiris bawang bombay bisa dipakai untuk meredakan bekas gigitan nyamuk. Selalu bilas setelah bawang bombay dioleskan agar si kecil tidak merasa perih atau panas pada kulitnya.

Ada berbagai alternatif yang bisa dicoba untuk mengatasi gigitan nyamuk pada bayi. Karena kulit bayi sangat sensitif, kita gunakan bahan-bahan secukupnya saja untuk mengobatinya, ya. Selain minyak kayu putih, bahan-bahan di atas bisa coba dipakai untuk menyembuhkan gigitan nyamuk pada si kecil.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim