Sukses

Parenting

Membersihkan Telinga Bayi, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Fimela.com, Jakarta Membersihkan organ telinga tidak bisa sembarangan. Terlebih saat membersihkan telinga bayi, kita harus benar-benar memperhatikan kenyamanan dan keamanan bayi. Karena bila salah melakukannya, akibatnya bisa cukup fatal.

Earwax (cairan kuning di dalam telinga) adalah sesuatu yang alami yang diproduksi oleh tubuh, tak terkecuali pada tubuh bayi. Dilansir dari thebump.com, kelenjar pada telinga memproduks cairan tersebut untuk menangkap kotoran yang mungkin berbahaya untuk telinga. Pada telinga bayi dan anak, cairan ini cenderung lebih encer dan warnanya lebih terang. Biasanya kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya, tapi memang ketika kotoran yang menumpuk banyak biasanya telinga akan terasa gatal.

Saat membersihkan telinga bayi, ada empat hal penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Jangan menggunakan cotton bud

Jangan menggunakan cotton bud ataupun kapas untuk dimasukkan ke dalam liang telinga bayi. Sebab hal ini malah akan makin mendorong kotoran masuk lebih dalam ke telinga, bahkan bisa berisiko melukai gendang telinga.

2. Bersihkan daun telinga bayi dengan washcloth hangat

Area daun telinga masih bisa dibersihkan. Kita bisa menggunakan washcloth yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan daun telinga si kecil. Atau kalau mau menggunakan cotton bud, basahi dulu dengan air hangat agar kulit daun telinga si kecil tidak lecet. Cukup digosokkan lembut di area daun telinga saja, ya. Tak perlu sampai dimasukkan ke dalam lubang telinga.

3. Cek rutin keluarnya kotoran telinga pada bayi

Kita juga perlu mengecek secara berkala kapan keluarnya kotoran telinga pada bayi. Biasanya kotoran telinga akan keluar saat si kecil melakukan gerakan mengunyah atau saat dia sedang mandi.

4. Jika mau menggunakan obat tetes telinga, pastikan sesuai dengan resep dokter

Bila kita merasa ada penumpukan cairan ata kotoran pada telinga bayi, segera hubungi dan konsultasikan ke dokter. Kalau harus menggunakan obat tetes telinga, pastikan sesuai dengan arahan dan resep dari dokter. Saat memberikan obat tetes ini pun kita perlu memastikan si kecil dalam keadaan tenang agar obat bisa meresap dan bisa segera mengatasi masalahnya.

Membersihkan telinga bayi cukup di bagian daun telinganya saja. Tak perlu sampai masuk ke dalam lubang atau telinga si kecil. Bila ada indikasi infeksi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading