Sukses

Parenting

Keputihan di Minggu Awal Kehamilan, Wajar Nggak Sih?

Fimela.com, Jakarta Saat mengandung akan banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. Ada banyak sekali pertanyaan yang terbesit di pikiran para ibu hamil, namun kadang mereka tak mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan malah jadi lebih resah atas perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

Nah, salah satu yang sering dialami oleh ibu hamil adalah keputihan. Ibu hamil sering menemui cairan berwarna putih atau agak kekuningan seperti keputihan selama hamil. Nah, keadaan inilah yang terkadang membuat ibu ingin sering mengganti pakaian dalam.

Keputihan saat hamil disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen dan aliran darah ke vagina. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim ini merupakan sisa buangan dari rahim dan vagina, bakteri normal dari vagina dan sel-sel mati dari dinding vagina.

Keputihan ini sebenarnya hal yang normal dan wajar terjadi pada ibu hamil. Keputihan normal saat hamil ditandai dengan keluarnya cairan jernih atau putih dan tanpa bau. Tapi, jika cairan ini sudah mengeluarkan bau yang menyengat, menimbulkan rasa gatal, atau warnanya berubah menjadi agak hijau-kekuningan dan lebih cair, kemungkinan besar ibu hamil mengalami infeksi. Jika terjadi seperti ini lebih baik untuk segera mengkonsultasikan hal ini pada dokter.

Cara untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan Miss V dan celana dalam. Hindari mengenakan celana ketat dan pilih bahan yang nyaman serta bersirkulasi bagus.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Makanan Ini Akan Membantu Meningkatkan Kesuburan Perempuan
Artikel Selanjutnya
Benarkah Stres bisa Menyebabkan Mandul?