Sukses

Parenting

Mulai Duduk Hingga Berjalan, Ini Perkembangan Bayi yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Melihat bayi tumbuh dan berkembang dengan baik tentu menjadi kebahagiaan tersendiri buat orangtua. Pada dasarnya, pertumbuhan dan perkembangan bayi akan terlihat secara signifikan di tahun pertama dan kedua usianya. Bayi yang mula-mula hanya menghabiskan banyak waktunya untuk tidur, perlahan tapi pasti ia akan mulai tengkurap, duduk bahkan berjalan dengan kedua kakinya sendiri.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa tahapan atau perkembangan yang akan dilewati bayi sebelum ia benar-benar bisa berjalan dengan kakinya sendiri. Perkembangan tersebut antara lain sebagai berikut.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Bayi

Duduk

Di usia 4 hingga 7 bulan, bayi akan mulai duduk tanpa bantuan orangtua atau orang dewasa di sekitarnya. Di usia ini otot-otonya akan mulai bekerja dengan baik.

Merangkak

Usia 7 hingga 10 bulan, bayi akan mulai merangkak. Ketika ia sudah bisa duduk dengan sempurna, ia akan melatih tangan dan kakinya. Ia akan belajar merangkak. Beberapa bayi mungkin akan langsung merangkak tetapi beberapa bayi lainnya mungkin akan memulainya dengan hanya menggulingkan tubuhnya.

Mengangkat Diri

Selain merangkak, di usia 7 hingga 10 bulan ia juga akan berusaha mengangkat dirinya. Dengan bantuan orang di sekitatnya atau benda-benda di sekitarnya, bayi akan berusaha mengangkat dirinya.

Berjalan dan Merambat dengan Bantuan

Di usia 8 hingga 12 bulan, bayi akan belajar berjalan dan merambat dengan bantuan. Masa-masa ini bayi akan sangat senang jika ia dititah atau diajak berjalan dengan dipegangi orangtuanya. Di usia ini bayi juga akan belajar berjalan sendiri dengan merambat pada tembok, sofa atau benda lain di sekitarnya.

Berdiri Tanpa Bantuan Lalu Berjalan

Setelah berusia 12 bulan, bayi mulai bisa berdiri tanpa bantuan. Secara perlahan, ia juga akan melatih dirinya buat berjalan tanpa bantuan.

Mengenai perkembangan bayi, antara satu bayi dengan yang lain tentunya tidak sama. Setiap bayi memiliki kemampuan sendiri-sendiri kapan ia mulai duduk, merangkak bahkan berjalan. Ada beberapa bayi yang memerlukan waktu sangat cepat. Tapi tidak sedikit bayi yang memerlukan waktu cukup lama.

Tidak perlu khawatir jika buah hati kita tak sama dengan anak-anak lainnya. Yakinlah bahwa setiap anak punya keistimewaan masing-masing yang tak sama antara satu dengan lainnya. Jika memang khawatir dengan tumbuh kembang anak yang mengalami keterlambatan, periksakan kondisi buah hati ke dokter atau ahlinya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Cara Melatih Anak Untuk Lekas Berjalan?
Artikel Selanjutnya
Sering Bawa Anak ke Lingkungan Hijau Bantu Tingkatkan Memorinya