Sukses

Parenting

Cara Mengenalkan Warna Pada Anak Sejak Sedini Mungkin

Fimela.com, Jakarta Melihat anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat setiap orangtua. Melihat anak sudah bisa membedakan warna, menyebut angka dan menyebut huruf di usia yang masih belia, ini tentunya menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat orangtua.

Melansir dari laman babycenter.com, menurut penelitian pada usia 3 tahun anak akan mulai mengenal dan menghafal warna, huruf bahkan sesuatu yang dilihatnya. Meski begitu, tidak ada salahnya buat orangtua untuk mengenalkan warna dan sejenisnya ke anak sejak sedini mungkin di mana usia anak bawah 2 tahun.

2 dari 3 halaman

Mulailah Mengenalkan Warna Dasar ke Anak

Ada banyak cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan warna ke anak. Salah satu caranya adalah dengan membiarkan anak menggambar, corat-coret atau bermain warna sesuka hatinya. Memberikan mainan yang penuh warna juga akan melatih kemampuannya mengenal warna serta menghafalnya.

Ketika mengenalkan warna ke anak, mulailah dengan mengenalkan warna-warna dasar yakni warna merah, kuning, hijau, biru, putih dan hitam. Mengenalkan warna tidak harus dengan memberinya benda yang berwarna di hadapannya. Mom bisa memanfaatkan berbagai objek di sekitar untuk mengenalkan warna. Jika sedang berada di taman, ajak anak mengenal warna daun dan bunga. Ajak juga anak mengenal warna langit serta awan.

Mengenalkan warna juga bisa dimulai dengan mengajaknya menggambar dengan pensil berbagai warna, membaca buku berwarna atau sejenisnya. Mengenalkan warna juga bisa dilakukan dengan cara mengajak anak memilih warna baju, sepatu atau aksesoris sehari-hari yang hendak ia pakai.

Ketika mengajarkan anak berbagai hal termasuk belajar mengenal warna, pastikan untuk melakukan hal ini dengan cara paling menyenangkan. Hindari membentak apalagi memarahi anak ketika ia lupa akan pelajaran yang ia pelajari. Semoga informasi ini bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Studi, Pelukan dari Ibu Bisa Mencerdaskan Otak Anak
Artikel Selanjutnya
Manfaat Permainan Tradisional untuk Kebugaran dan Kecerdasan Anak