Sukses

Parenting

Agar Anak Tak Kecanduan Gadget, Begini Cara Bijak Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Di era yang serba modern ini, melihat anak-anak memainkan gadget dan hanya fokus pada gadget di tangannya adalah hal yang biasa. Umumnya, anak akan lebih tenang dan nyaman ketika ia telah memainkan gadget baik untuk sekedar melihat tayangan youtube atau bermain game. Namun Sahabat Fimela, anak-anak dengan usia dini sebenarnya sangat tidak disarankan bermain gadget terlalu lama.

Dampak bermain gadget terlalu sering begitu mengerikan untuk anak-anak. Mulai dari berisiko pada penglihatan, kecerdasan hingga menurunnya fokus anak. Membiarkan anak bermain gadget secara terus menerus, ini bisa meningkatkan risiko anak kecanduan gadget. Jika sudah kecanduan, tentunya ini akan lebih bebahaya.

Agar anak tidak kecanduan gadget, ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Cara tersebut antara lain sebagai berikut.

2 dari 4 halaman

Batasi Penggunaan Gadget

Batasi Penggunaan Gadget

Pastikan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Orangtua harus tegas memberi arahan seberapa lama anak boleh bermain gadget. Kalau waktu bermain sudah habis, usahakan untuk meminta gadget dari anak. Walau anak menangis, cobalah untuk lebih tegas dan disiplin padanya.

Beri Contoh

Berikan contoh yang baik ke anak. Ketika orangtua melarang anak bermain gadget, orangtua juga harus memberi contoh untuk menanggalkan sementara gadgetnya dan menyempatkan waktunya untuk bermain bersama anak atau melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

Ajak Anak Bermain Bersama

Ketika kita ingin anak terhindar dari risiko kecanduan gadget, usahakan untuk mengajaknya bermain atau menghabiskan waktu bersama. Umumnya, kebiasaan bersama orangtua akan membuat anak semakin sayang orangtua, merasa semakin diperhatikan dan mampu bersosialisasi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Ciptakan Aktivitas Menyenangkan

Ciptakan Aktivitas Menyenangkan

Usahakan untuk menciptakan aktivitas menyenangkan bersama anak. Aktivitas itu mulai dari olahraga bersama, liburan bersama, mendaur ulang sampah, berkebun atau lebih peduli lagi dengan lingkungan dan sekitarnya.

Berikan Pengertian

Pastikan untuk memberi pengertian dan nasehat pada anak kenapa ia tidak boleh terlalu sering bermain gadget. Berikan pengertian juga jika bermain gadget terlalu lama akan meningkatkan risiko kerusakan pada bumi maupun lingkungan sekitar. Beri pengertian juga jika salah satu cara unbtuk mencintai bumi di Hari Bumi ini dengan lebih bijak ketika menggunakan gadget.

Well Sahabat Fimela, yuk ajak buah hati lebih bijak dalam menggunakan gadget. Ajak juga buah hati untuk lebih mencintai bumi dan lingkungan sekitar. Selamat memperingati Hari Bumi, mari kita sama-sama menjaga bumi agar lebih terawat, aman dan bebas pencemaran.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tampilan Google Doodle dalam Memperingati Hari Bumi
Artikel Selanjutnya
Apakah Sebaiknya Anak Tak Dibolehkan Pakai Gadget Sama Sekali?