Sukses

Parenting

Cara Mudah Menyusui Bayi dengan Puting Payudara Datar

Fimela.com, Jakarta Melahirkan dan menyusui merupakan momen yang sangat istimewa serta mengesankan buat setiap perempuan. Apalagi, jika momen ini merupakan momen pertama kali. Walau mengesankan, tidak jarang Mom yang merasa khawatir, panik serta kebingungan. Pasalnya tidak sedikit Mom yang merasa khawatir tidak bisa menyusui atau merawat buah hati sebagaimana mestinya.

Tidak sedikit Mom yang merasa tidak nyaman untuk menyusui terlebih bagi mereka yang memiliki puting payudara datar. Melansir dari laman momjunction.com, puting payudara datar sebenarnya bukan penghalang bagi setiap Mom untuk tetap memberikan ASI ekslusif ke buah hati. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyusui dengan puting payudara datar. Berikut beberapa caranya.

2 dari 3 halaman

Cara Menyusui

Konsultasi Laktasi

Mom bisa melakukan konsultasi laktasi atau seputar tips menyusui dari dokter dan bidan ahlinya, Mintalah saran dari mereka dan dapatkan solusi terbaik agar tetap bisa menyusui dengan mudah meski puting payudaramu datar.

Gunakan Penyedot Puting Berbahan Silikon

Penyedot ini bisa membantu buah hati mempermudah menemukan puting payudaramu. Alat ini akan mempermudah bayi menyusu dengan baik dan benar.

Gunakan Pompa ASI

Jika Mom memiliki puting payudara yang datar, sebaiknya seminggu sebelum persalinan cobalah untuk merangsang puting agar mau menonjol atau keluar. Caranya bisa dengan menggunakan pompa ASI. Para ahli percaya jika pompa ASI bisa membantu mengangkat puting payudara yang datar agar lebih menonjol atau keluar.

Pijat Payudara

Memijat payudara secara rutin akan membantu puting payudara terangkat atau menonjol ke luar. Selain pijat payudara, merangsang payudara dengan mengelus lembut dan menekan-nekan payudara juga akan membantu puting payudara mengeras hingga lebih menonjol.

Pegang Payudara dengan Tepat Saat Menyusui

Saat menyusui, pastikan untuk memegang payudara dengan tepat. Pegang dengan posisi C-hold atau V-hold. Kedua posisi ini akan membantu Mom lebih mudah mengendalikan puting payudara masuk ke mulut bayi.

Sahabat Fimela, itulah beberapa cara mudah menyusui bagimu yang memiliki puting payudara datar. Para ahli mengungkapkan jika semakin sering atau rutin Mom menyusui, ini akan membantu puting payudara yang semula datar lebih menonjol atau ke luar. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menyusui di Tempat Umum, Apa yang Harus Dipersiapkan?
Artikel Selanjutnya
Waspada, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menurunkan Produksi ASI