Sukses

Parenting

Bayi Tidak Mau Tidur Saat Malam, Apa Penyebabnya?

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati bayi yang baru lahir justru tidak mau tidur saat malam Sahabat Fimela? Dan alhasil, orangtuanya harus rela begadang dan membuat bayi merasa nyaman. Tidak sedikit bayi yang baru lahir akan menangis di malam hari saat ia ditaruh di tempat tidur. Jika sudah begini, orangtua harus rela bergantian menggendong bayi agar ia bisa tenang dan terlelap.

Mengenai bayi yang tak mau tidur atau suka begadang saat malam hari, kira-kira apa sih penyebabnya? Para ahli mengungkapkan jika ada banyak penyebab kenapa bayi tak mau tidur saat malam.

Melansir dari laman babycenter.com, Peter Fleming, seorang dosen di University of Bristol mengungakpkan jika bayi begadang di waktu malam hari adalah hal wajar. Bayi baru lahir memang membutuhkan waktu lebih banyak untuk tidur. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ia akan begadang dan terbangun saat malam hari. Bayi belum memiliki pola tidur yang teratur seperti orang dewasa. Inilah yang membuatnya kerap terbangun saat malam.

Bayi Terbangun Saat Malam

Penelitian lain yang dilakukan para ahli di Notre Dame University ditemukan jika perkembangan bayi baru lahir yang belum sempurna sepenuhnya akan memengaruhi pola tidurnya. Selain itu, dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki siklus tidur yang lebih pendek. Jika orangtua memiliki siklus tidur tiap 90 menit, maka siklus tidur bayi hanya 60 menit. Inilah yang kemudian membuatnya kerap terbangun bahkan tidak bisa tidur lagi.

Bayi yang tidak tidur bersama orangtuanya juga akan rentan terbangun. Bayi pada dasarnya akan merasa nyaman dan tenang ketika ia berada di dekat orangtua, dipeluk maupun digendong. Fleming juga menyebutkan jika bayi memerlukan sentuhan lebih banyak dibanding orang dewasa. Sentuhan ini yang akan membuatnya merasa nyaman. Ketika saat malam bayi tidak mendapat sentuhan dari orangtuanya, ini akan membuatnya merasa tidak nyaman hingga terbangun bahkan tak mau tidur.

Pada intinya, bayi tidak mau tidur saat malam adalah suatu yang wajar. Tugas orangtua adalah menerapkan pola tidur yang lebih baik dan teratur lagi ke bayi. Disarankan agar orangtua juga senantiasa ada di dekat bayi agar bayi merasa nyaman hingga membuatnya mau tidur lebih lelap. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ciri-ciri Kulit Bayi Sensitif dan Memerlukan Perawatan Khusus
Artikel Selanjutnya
Bayi Baru Lahir Sering Bersin, Apakah Berbahaya?