Sukses

Parenting

Pada Usia Berapa Bayi Akan Mulai Tertawa?

Fimela.com, Jakarta Melihat buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik tentu menjadi kebahagiaan serta kebanggaan tersendiri buat orangtua. Mengetahui buah hati melewati tahap demi tahap pertumbuhan juga perkembangan akan membuat setiap orangtua merasa sangat terkesan.

Bicara mengenai pertumbuhan dan perkembangan buah hati ini, tahukah Sahabat Fimela kapan kira-kira bayi mulai tertawa? Kapan bayi mulai menunjukkan bahwa ia sudah bisa diajak berkomunikasi? Sudah bisa mengekspresikan rasa bahagianya?

Kapan Bayi Mulai Tertawa?

Melansir dari laman babycenter.com, umumnya bayi akan mulai tersenyum saat usianya mencapai 6 minggu hingga 3 bulan. Senyum bayi ini sendiri lebih sering terjadi ketika ia tertidur. Meski begitu, ini adalah kondisi yang normal dan tak perlu dicemaskan Sahabat Fimela. Sementara itu, bayi mulai tertawa ketika ia menginjak usia 3 sampai 4 bulan.

Para ahli menyebutkan jika tawa bayi akan ke luar ketika ia melihat atau merasakan sesuatu yang membuatnya senang dan bahagia. Hal itu bisa karena mainannya, karena hewan peliharaannya atau karena sapaan dari orangtuanya dan orang-orang yang telah dikenalnya.

Apa yang Membuat Bayi Tertawa?

Meski secara umum bayi tertawa karena melihat atau merasakan sesuatu yang membuatnya senang, tawa bayi juga bisa muncul karena bayi menyukai suara tawanya sendiri. Bayi juga menyukai respon orang-orang di sekitarnya yang begitu bahagia melihatnya tertawa. Semakin bayi memahami asiknya tertawa, ini akan membuatnya terus melakukannya.

Secara umum, bayi memang akan mulai tertawa di usia 3 sampai 4 bulan. Meski begitu, tidak sedikit bayi yang mulai tertawa di usia lebih dari 4 bulan. Mom tak perlu khawatir dengan hal ini. Pastikan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan lebih baik lagi. Jika memang ada sesuatu yang dirasa kurang beres, tak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi bayi ke dokter ahlinya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Juga Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Madu Memang Menyehatkan, tapi Jangan Buru-Buru Diberikan pada Bayi