Sukses

Parenting

Bayiku Tak Kunjung Tertawa, Apa yang Terjadi Padanya?

Fimela.com, Jakarta Secara umum, bayi akan mulai tertawa sejak usianya mencapai 3 sampai 4 bulan. Tapi perlu kita tahu Mom, bayi pada dasarnya bisa mulai tertawa pada usia berapapun. Kita tak perlu cemas ketika mendapati bayi kita belum juga tertawa sementara anak-anak lain seusianya sudah mulai tertawa menggemaskan setiap harinya.

Melansir dari laman babycenter.com, setiap anak memiliki tahap perkembangan masing-masing yang tentunya tak pernah sama antara satu dengan lainnya. Meki buah hati Mom belum bisa tertawa, kemungkinan besar ia sudah berada di tahap perkembangan lain.

Para ahli mengungkapkan jika pada usia 4 bulan, bayi biasanya sudah bisa tersenyum bahkan tertawa dan memberikan respon atas stimulasi yang diberikan orangtua pun orang-orang di sekitarnya. Di usia empat bulan, bayi sudah mulai bisa mengikuti gerakan benda dengan tatapan matanya, mengenal orang-orang terdekatnya dan senang bermain dengan orang lain. Ia bahkan sudah mulai mengeluarkan suara-suara.

Kenapa Bayiku Belum Tertawa Padahal yang Lainnya Sudah Tertawa?

Bayi yang tertawa disebabkan oleh banyak hal. Yang pasti, hal tersebut adalah hal-hal yang membuatnya senang dan bahagia. Jika dengan stimulasi yang diberikan padanya tidak membuat bayi tertawa, bisa jadi ia memang sedang tak ingin tertawa.

Ada beberapa faktor yang membuat bayi enggan tertawa. Faktor tersebut mulai dari bayi merasa lapar, bayi tidak nyaman, bayi sedang sakit atau suasana hatinya sedang buruk. Sama dengan orang dewasa, tawa lepas bayi akan ke luar ketika perasaannya bahagia dan senang.

Bagaimana pun juga, setiap bayi memiliki pertumbuhan, perkembangan dan sifat yang berbeda. Kita tak perlu terlalu khawatir ketika mendapati bayi kita belum bisa melakukan apa yang dilakukan teman seusianya. Jika keterlambatan itu sudah dirasa berlebihan, maka jangan segan untuk mengonsultasikan ini dengan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading