Sukses

Parenting

Usia Berapa Bayi Mulai Bisa Berdiri? Ini Normalnya Sahabat Fimela

Fimela.com, Jakarta Mendapati buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua. Apalagi, jika pertumbuhan dan perkembangan itu berjalan secara bertahap di waktu yang tepat. Melihat bayi mulai dari ia hanya tiduran, kemudian miring, duduk hingga berdiri adalah suatu hal yang sangat mengesankan.

Bicara mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi ini, kira-kira di usia berapa bayi mulai bisa berdiri sendiri Sahabat Fimela? Melansir dari laman babycenter.com, secara umum bayi akan mulai berdiri atau melatih keseimbangan tubuhnya saat ia berusia sekitar 8 bulan.

Pada usia 6 bulan, umumnya bayi akan mulai bisa duduk. Di usia 8 hingga 12 bulan, ia sudah bisa duduk sendiri dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Di waktu ini, Mom bisa melatih bayi buat berdiri. Dan di usia atas 1 tahun, bayi pun sudah mampu untuk berdiri sendiri walau hanya beberapa detik saja.

2 dari 3 halaman

Bayi Sering Jatuh di Momen Awal Berdiri

Ketika bayi mulai bisa berdiri sendiri, jangan kaget jika ia akan sering terjatuh. Ini menunjukkan bahwa bayi masih belum bisa menyeimbangkan tubuh buat berdiri dengan sebaik mungkin. Pastikan untuk selalu mendampingi dan memerhatikan buah hati di momen-momen awal berdirinya.

Mengutip dari laman verywellfamily.com, pastikan juga untuk membantunya menopang tubuhnya selama ia belajar berdiri sendiri. Selalu pastikan bahwa tempat untuk berlatih berdiri buah hati adalah tempat yang nyaman. Jauhkan benda-benda keras dari sekitar bayi ketika ia belajar berdiri. Jika perlu, berikan alat bantu untuk bayi bisa berlatih berdiri. Alat bantu itu bisa berupa sofa yang rendah, baby walker, tembok dan menitah (memegang tangan bayi).

Meski di usia 1 tahun normalnya bayi sudah bisa mulai berdiri, setiap bayi memiliki pertumbuhan dan perkembang yang tak sama. Tidak sedikit bayi yang belum bisa berdiri sendiri meski usianya lebih dari 1 tahun. Tak perlu khawatir Mom, percayalah bahwa buah hati memiliki masanya sendiri untuk mau belajar berdiri bahkan berjalan. Semoga informasi ini bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pada Usia Berapa Bayi Akan Mulai Tertawa?
Artikel Selanjutnya
Kapan Batas Akhir Anak Mulai Bisa Berjalan?