Sukses

Parenting

Cara Mengetahui Kehamilan Secara Alami Tanpa Test Pack

Fimela.com, Jakarta Hamil menjadi momen yang mengesankan bagi setiap perempuan. Apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama yang telah lama dinanti-nanti dalam pernikahannya. Mengenai kehamilan, melansir dari laman parents.com, setiap perempuan memiliki pola kehamilan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Ada yang sangat cepat hamil karena memiliki tingkat kesuburan tinggi. Ada pula yang begitu sulit hamil sehingga harus menjalani serangkaian program kehamilan. Terlepas dari ini semua, nampaknya tidak sedikit perempuan yang kurang peka terhadap kehamilannya Sahabat Fimela. Tidak sedikit perempuan yang mengetahui kehamilannya setelah beberapa minggu bahkan bulan positif hamil.

Bagaimana sih cara mengetahui kehamilan? Inilah beberapa cara untuk mengetahui kehamilan tanpa menggunakan test pack sekalipun.

Perubahan Bentuk Tubuh

Perubahan Bentuk Tubuh

Cara pertama untuk mengetahui kehamilan adalah dengan melihat bentuk tubuh. Perubahan bentuk tubuh seperti payudara semakin besar dan kencang, perut semakin besar dan pinggang yang semakin berisi bisa menjadi tanda dari kehamilan. Karena kehamilan, tidak sedikit perempuan yang beberapa bagian tubuhnya akan lebih sensitif terhadap sentuhan. Menurut American Pregnancy Organozation, payudara yang semakin besar, perih dan sensitif bisa menjadi tanda utama dari kehamilan.

Perubahan Suasana Hati

Tak hanya ketika PMS atau premenstrual syndrome saja perempuan mengalami perubahan susana hati. Saat ia positif hamil, ia juga akan semakin sensitif, mudah baper dan mengalami susana hati yang tidak karu-karuan. Perubahan suasana hati ini bisa disebabkan hormon serta perubahan aliran darah dalam tubuh.

Frekuensi Kencing Meningkat dan Adanya Bercak Darah

Keterlambatan Siklus Menstruasi

Ada banyak hal yang menyebabkan menstruasi seseorang mengalami keterlambatan. Salah satu hal tersebut adalah kehamilan. Keterlambatan menstruasi normalnya yakni 5 sampia 7 hari. Jika keterlambatan lebih dari hari ini, coba cek kehamilan dan pastikan apakah Sahabat Fimela hamil atau tidak.

Frekuensi Kencing Meningkat dan Adanya Bercak Darah

Ketika Sahabat Fimela mengalami peningkatkan frekuensi aktivitas ingin buang air kecil atau kencing serta muncul bercak darah, bisa jadi dirimu sedang hamil. Bercak darah tanda kehamilan umumnya berwarna merah muda dan cokelat yang berbeda dengan darah menstruasi.

Itulah beberapa cara mengetahui kehamilan tanpa test pack. Selain itu, kehamilan juga bisa ditandai dengan perubahan pola makan. Tidak sedikit perempuan hamil yang akan sangat suka makan tapi ada juga yang akan kehilangan nafsu makan karena mengalami morning sickness. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Jika ingin mengetahui secara pasti apakah Sahabat Fimela hamil atau tidak, jangan segan menggunakan test pack dan memeriksakan diri ke dokter atau bidan ahlinya.

Simak Juga Video Berikut:

Loading