Sukses

Parenting

Mengenal Penyebab Payudara Terasa Sakit Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ada banyak perubahan yang dialami perempuan selama kehamilan. Salah satu perubahan tersebut adalah perubahan bentuk tubuh terutama pada payudara.

Melansir dari laman babycenter.com, selama kehamilan payudara umumnya akan semakin besar, berisi dan kencang. Namun, tidak sedikit perempuan yang merasakan sakit pada payudaranya selama kehamilan. Mengenai sakit ini, apakah ini berbahaya Sahabat Fimela? Apa yang menjadi penyebab payudara sakit selama kehamilan?

Para ahli menyebutkan jika payudara sakit selama kehamilan biasanya terjadi di kehamilan trimester pertama. Di trimester pertama, tidak jarang payudara akan lebih bengkak, sensitif dan sakit jika disentuh. Rasa sakitnya mirip dengan sakit menjelang menstruasi.

2 dari 3 halaman

Penyebab Payudara Sakit Saat Hamil

Rasa sakit pada payudara selama kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon di tubuh. Perubahan hormon itu mulai dari hormon estrogen, progesteron dan prolaktin yang merangsang kelenjar susu untuk menyambut persiapan aktivitas menyusui selepas persalinan. Tak hanya menyebabkan payudara terasa sakit, perubahan hormon selama kehamilan juga berpengaruh pada perubahan ukuran payudara, ukuran puting dan suasana hati Mom.

Ketika mengalami rasa sakit di payudara selama kehamilan, jangan terlalu cemas atau khawatir. Pada dasarnya ini adalah hal yang wajar terjadi. Untuk mengurangi rasa sakit yang ada, dirimu bisa mengompres payudara dengan air es, mandi air hangat, meminimalisir sentuhan pada payudara dan memakai bra nyaman saat tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hamil di Trimester Tiga, Bolehkah Sahabat Fimela Berpuasa?
Artikel Selanjutnya
Mengenal Penyebab Tangan dan Kaki Bengkak Selama Kehamilan