Sukses

Parenting

Berpuasa Saat Hamil, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi mereka yang beragama Islam. Meski kewajiban, ada beberapa orang yang diperkenankan untuk meninggalkan puasa dan menggantinya di hari lain semisal saja adalah ibu hamil. Pada dasarnya, jika khawatir berpuasa akan mengganggu kesehatannya serta janin, ibu hamil diberi keringanan untuk meninggalkan puasa.

Ibu hamil yang masih hamil trimester pertama dan akhir disarankan untuk meninggalkan puasa. Ini demi menjaga kesehatannya dan janin di kandungan. Namun, jika ibu hamil merasa kuat, tidak ada masalah dengan kesehatannya dan mencukupi nutrisinya dengan baik selama puasa, ia diperbolehkan tetap berpuasa. Melansir dari laman hellosehat.com, jika ibu hamil tetap ingin berpuasa selama hamil, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Hal tersebut antara lain sebagai berikut.

Persiapkan Hal Ini Sebelum Puasa Selama Kehamilan

  1. Pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter sebelum memutuskan berpuasa. Periksakan kondisi kesehatan ibu dan janin. Jika keduanya baik dan bidan atau dokter memberi izin berpuasa, maka berpuasalah.
  2. Selama berpuasa saat hamil, usahakan untuk mengurangi asupan kafein baik itu teh atau kopi. Selama kehamilan, konsumsi kafein yang dianjurkan adalah kurang lebih 200 gram atau setara dengan dua cangkir kopi instan.
  3. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebaik mungkin selama berbuka, makan malam dan sahur. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin yang dianjurkan oleh bidan atau dokter.
  4. Jika Mom bekerja selama puasa sekaligus hamil, usahakan untuk mengonsultasikan hal ini dengan rekan kerja serta atasan. Hindari bekerja terlalu berat selama puasa dan hamil karena aktivitas berat bisa meningkatkan berbagai risiko pada ibu hamil pun janin.
  5. Buatlah diari makanan. Catat makanan apa saja yang boleh dimakan dan makanan apa saja yang harus dihindari. Dengan membuat diari makanan, ibu bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan selama puasa saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Tampil Cantik Memukau di Bulan Ramadan
Artikel Selanjutnya
Siapkan 5 Menu Buka Puasa Istimewa di Awal Bulan Ramadan