Sukses

Parenting

Membangun Karakter Anak di Bulan Ramadan, Ada 4 Hal yang Bisa Diajarkan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Membantu anak untuk bisa latihan puasa sekaligus mencintai bulan suci ini jelas membutuhkan peran kita sebagai orangtua. Bulan Ramadan pun bisa jadi momen yang tepat untuk membangun karakter anak dan menanamkan nilai-nilai positif yang bisa membentuk pribadinya jadi lebih baik.

Ada beberapa hal yang bisa kita ajarkan dengan memanfaatkan bulan Ramadan ini pada anak. Bahkan bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana, kita bisa membantu proses pembentukan karakter positif pada anak. Berikut keterangan lebih lengkapnya.

1. Berbagi

Memperbanyak sedekah dan berbagi kepada sesama bisa kita maksimalkan di bulan Ramadan. Menyisihkan sebagian uang saku untuk didonasikan bisa jadi salah satu caranya. Membantu anak mengumpulkan pakaian-pakaian yang masih bagus tapi sudah tak terpakai untuk diberikan pada yang lebih membutuhkan juga bisa dilakukan. Membuat takjil bersama untuk kemudian dibagikan ke para tetangga bisa jadi cara sederhana untuk menanamkan indahnya berbagi.

2. Empati

Rasa lapar dan haus yang kita rasakan bisa jadi cara kita membangun empati. Kita jadi tahu bagaimana rasanya orang-orang di sekitar kita yang mungkin sering kelaparan karena tak punya cukup uang untuk makan. Saat anak merasa tidak kuat puasa, kita bisa memberitahunya bahwa ada banyak orang kurang beruntung yang juga merasakan rasa lapar atau bahkan lebih lapar dari yang dirasakan anak. Kita juga bisa mengajari anak untuk lebih banyak bersyukur dengan semua makanan dan rezeki yang dimiliki saat ini.

 

3. Kejujuran

Dikutip dari themuslimahguide.com, ada penelitian tentang dampak membacakan kisah-kisah teladan tentang nilai kejujuran pada anak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak lebih termotivasi dengan karakter yang mendapat kebaikan dari kejujurannya daripada karakter yang mendapat hukuman dari ketidakjujurannya. Kita bisa membantu anak untuk jadi pribadi yang jujur dengan membacakan kisah-kisah teladan. Dalam ibadah puasa pun kita bisa mengarahkan anak untuk bisa belajar jujur dengan puasanya.

4. Kesabaran

Berat memang melihat perjuangan anak menahan lapar dan haus saat puasa. Tapi dari sini kita bisa membantu anak belajar untuk lebih bersabar. Belajar untuk bisa mengendalikan dirinya. Mengajarkan bahwa kesabaran bisa memberi kebahagiaan dan keberkahan. Contohnya saat waktu berbuka tiba, kita bisa mengarahkan anak untuk bersyukur dengan semua yang dipunya dan merasakan nikmatnya makan setelah seharian puasa.

Sebenarnya ada banyak nilai positif yang bisa kita ajarkan pada bulan Ramadan. Yang tak kalah penting adalah kita juga perlu jadi panutan atau role model yang baik untuk anak selama bulan Ramadan, ya. Sebab akan sulit untuk membangun karakter positif pada anak bila kita sendiri tak mencerminkan karakter positif itu sendiri pada diri kita.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading