Sukses

Parenting

Pada Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Melihat dengan Jelas?

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap orangtua, melihat buah hati lahir ke dunia tentu menjadi kebahagiaan serta kebanggaan tersendiri. Melihat buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik juga akan membuat rasa bahagia di dalam hati semakin besar. Apalagi ketika mendapati buah hati perlahan mulai memandangi wajahmu dan memberikan senyum manisnya untuk pertama kali.

Mengenai bayi yang melihat, sebenarnya pada usia berapa bayi bisa melihat dengan jelas? Pada usia berapa ia bisa mengenali orang-orang di sekitarnya?

Melansir dari laman babycenter.com, sejak bayi lahir sebenarnya ia sudah bisa melihat. Hanya saja, penglihatan bayi ini masih sangat terbatas yakni sejauh 20 sampai 30 cm di hadapannya. Penglihatan bayi saat lahir adalah sejauh jarak pandang Mom dan buah hati ketika menyusui.

Perkembangan Penglihatan Bayi

Sesaat setelah lahir penglihatan bayi memang belum sempurna. Namun seiring dengan berjalannya waktu di bulan-bulan pertama usianya, penglihatannya akan mengalami kemajuan. Pada bulan kedua usia bayi, ia mulai tertarik pada warna-warna terang dan dasar seperti hitam, putih, merah dan sebagainya.

Pada bulan keempat usianya, bayi mulai tertarik dengan objek yang bergerak. Apalagi jika objek tersebut memiliki bentuk dan warna menarik baginya. Tak hanya mengenali objek dengan beragam bentuk dan warna, bayi juga mulai mengenali wajah-wajah orang di sekitarnya. Ia juga mulai senang melihat bayangan dirinya sendiri di cermin.

Di bulan kelima usianya bayi sudah bisa mengenali sebuah benda dan wajah orang di sekitarnya. Sedangkan pada usia 8 hingga 1 tahun, penglihatan bayi sudah nyaris sempurna seperti orang dewasa. Pada usia ini bayi juga sudah bisa melihat objek dengan jarak yang cukup jauh dengan lebih jelas. Di usia 1 tahun bayi juga akan mengenal lebih jelas orang di sekitarnya bahkan dari jarak yang cukup jauh sekalipun.

Meski umumnya bayi akan mendapatkan penglihatannya yang jelas di usia 1 tahun, tidak sedikit bayi yang akan mendapatkan penglihatan jelasnya di usia kurang atau lebih 1 tahun. Karena setiap anak memiliki pertumbuhan juga perkembangannya masing-masing, orangtua tak perlu terlalu khawatir saat anak lebih cepat atau lebih lambat perkembangannya dari anak lainnya.

Selama percepatan atau kelambatan dari perkembangan anak tak berlebihan, ini masih dikategorikan aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kesehatan Saluran Pencernaan Anak Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuhnya
Artikel Selanjutnya
Madu Memang Menyehatkan, tapi Jangan Buru-Buru Diberikan pada Bayi