Sukses

Parenting

Tips Mengajarkan Anak Mengelola Angpau Lebaran dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakannya. Idul Fitri tinggal menghitung hari. Sudah menyiapkan apa saja untuk menyambut kedatangan Idul Fitri? Bicara mengenai Idul Fitri, ada banyak hal menarik dari momen ini. Salah satunya adalah momen di mana anak-anak mendapat angpau lebaran dalam jumlah cukup banyak.

Mengenai uang angpau Idul Fitri atau Lebaran, pastikan agar anak mengelola uang tersebut dengan baik dan bijak ya Mom. Jangan karena anak memiliki lebih banyak uang lantas ia menjadi pribadi yang boros. Ajarkan anak untuk berhemat dan mengelola keuangan dengan baik sejak usianya sedini mungkin. Berikut tips mengajarkan anak mengelola angpau lebaran dengan baik.

Gunakan Sesuai Kebutuhan

Agar angpau lebaran tak habis pada hal-hal yang sepele, nasehati anak untuk menggunakan uang tersebut sesuai kebutuhannya. Jangan biarkan anak terlalu boros membelanjakan uangnya. Mom perlu meminta anak menyisihkan sebagian rezekinya untuk orang lain yang membutuhkan atau menabungnya.

Bantu Anak Mengelola Uangnya

Dampingi Anak Saat Belanja

Pastikan untuk selalu mendampingi anak ketika mereka membelanjakan uangnya. Mendampingi anak ini bertujuan agar anak bisa lebih bijak mengeluarkan uangnya. Baik belanja jajan, mainan atau alat sekolahnya, pastikan untuk selalu ada di sampingnya dan ikut menasehatinya dalam berbelanja.

Bantu Anak Mengelola Uangnya

Memberi kepercayaan pada anak untuk mengelola uangnya sendiri memang baik. Tapi, orangtua tetap perlu mendampingi dan menasehatinya dengan lebih bijak. Usahakan agar tidak memberikan semua uang anak untuk belanja kebutuhannya. Bantu anak menabung atau menyimpan uangnya. Cara ini akan membantu anak lebih hemat dan bijak dalam mengelola uang. Anak juga bisa memiliki tabungan lebih suatu saat nanti.

Ajari Anak Berwirausaha

Jika ingin anak lebih mandiri dan bijak dalam mengelola keuangannya, tak ada salahnya jika Mom mengajarinya untuk berwirausaha. Angpau lebaran bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha anak. Tapi ingat, selalu dampingi anak jika ingin uang tersebut berkembang dengan baik dan benar.

Itulah beberapa tips mengajarkan anak mengelola uang lebaran dengan baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading