Sukses

Parenting

8 Masalah Kulit yang Umum Dialami Bayi, Waspadai Mom

Fimela.com, Jakarta Tidak seperti orang dewasa, bayi memiliki anggota tubuh yang sangat sensitif. Bayi sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan terutama masalah pada kulitnya. Melansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa masalah kulit yang umum dialami oleh bayi. Meski masalah ini umum dan tak begitu berbahaya, Mom tetap harus waspada.

Ketika bayi mengalami masalah kulit ini, sebaiknya bayi segera dibawa ke dokter dan dicari penanganan terbaiknya. Masalah kulit apa yang paling umum dialami bayi? Simak yang berikut ini.

Ruam Popok dan Tiga Lainnya

Ruam Popok

Masalah kulit yang paling umum pada bayi adalah ruam popok. Ruam popok ditandai dengan kulit yang terlihat kemerahan, gatal dan ruam. Ruam popok terjadi karena gesekan kulit dengan kulit. Ruam popok bisa terjadi di bokong, selangkapan atau bagian kulit yang terkena gesekan popok.

Eksim

Masalah kulit selanjutnya yang sering dialami bayi adalah eksim. Eksim membuat kulit bayi kering, merah dan terasa gatal. Umumnya eksim terjadi kulit bagian wajah, siku, dada, lengan atau kaki bayi.

Jerawat

Tak hanya orang dewasa yang mengalami jerawat, bayi pun juga bisa berjerawat. Jerawat bayi biasanya muncul di hidung, pipi atau dahi dalam waktu satu bulan sejak bayi lahir. Mengenai jerawat pada bayi ini Mom tak perlu khawatir, umumnya jerawat akan hilang dalam waktu 3 sampai 5 hari.

Kulit Kering

Kulit kering juga sering terjadi pada bayi. Kulit kering juga bisa menyebabkan kulit mengelupas. Kulit kering bisa terjadi karena suhu lingkungan yang telalu panas, kering atau terlalu dingin hingga membuat cairan pada tubuh bayi berkurang.

Biang Keringat dan Tiga Lainnya

Biang Keringat

Biang keringat adalah hal yang umum terjadi pada bayi. Biang keringat ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah dan gatal. Tidak jarang biang keringat berubah menjadi merah. Biang keringan sering terjadi di lipatan tubuh, dahi, leher, paha dan punggung.

Cradle Cap

Masalah kulit yang satu ini umumnya terjadi di kulit kepala. Kulit kepala akan memerah dan lama-lama berubah jadi kerak kering berwarna kuning berminyak dan bersisik. Selain terjadi di kulit kepala, kondisi ini sangat mungkin terjadi di wajah, telinga dan leher.

Milia

Milia merupakan adanya bintik-bintik putih kecil di wajah terutama di hidung. Milia hampir terjadi pada semua bayi yang baru lahir. Perlahan tapi pasti, milia akan hilang dengan sendirinya.

Biduran

Biduran merupakan masalah kulit yang ditandai dengan kulit bentol-bentol merah. Biduran bisa menyerang wajah, tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Biduran bisa terjadi karena alergi makanan atau minuman. Ini juga terjadi karena sesuatu bergesekan dengan kulit.

Itulah beberapa masalah kulit yang sering terjadi pada bayi. Jika bayi di rumah mengalami hal ini, segera cari solusinya. Konsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Manfaat Mengagumkan Terapi Pijat untuk Bayi
Artikel Selanjutnya
Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa ke Luar Rumah Pertama Kali?