Sukses

Parenting

4 Fakta Mengenai Autisme yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Autisme merupakan gangguan perkembangan otak yang memengaruhi penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Umumnya, penderita autisme akan fokus pada dunianya sendiri dan kurang peduli terhadap sekitarnya.

Melansir dari laman hellosehat.com, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika jumlah penderita autisme setiap tahunnya mengalami peningkatan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kasus autisme setiap tahunnya mengalami penambahan yang cukup signifikan.

Mengenai autisme, ternyata ada beberapa fakta yang penting untuk kita ketahui. Sedikitnya ada 4 fakta dasar mengenai autisme. Berikut faktanya.

Autisme Bisa Didiagnosis Sejak Dini

Autisme Bisa Didiagnosis Sejak Dini

Fakta pertama adalah kondisi autisme bisa didiagnosis sejak sedini mungkin. Alycia Halladay, PhD kepala staf sains di Autism Science Foundation di New York City meyebutkan jika autisme bisa didiagnosis sejak anak berusia di bawah 18 bulan. Melalui perilaku anak, orangtua dan dokter atau psikiater bisa mengetahui apakah anak menderita autisme atau tidak.

Anak Laki-laki Lebih Berisiko

Penelitian menemukan jika anak laki-laki lebih berisiko menderita autisme. Dari sekian banyak jumlah penderita autisme, mereka yang berjenis kelamin laki-laki jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang berjenis kelamin perempuan.

Imunisasi Tidak Menyebabkan Autisme

Gejala Autisme Berbeda-beda

Penderita autisme memiliki gejala berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Walau secara umum gejalanya adalah anak tidak bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik, ada beberapa gejala dari autisme yang paling identik dengan penderitanya.

Imunisasi Tidak Menyebabkan Autisme

Beberapa mitos yang beredar menyebutkan jika imunisasi bisa menyebabkan autisme. Faktanya, imunisasi bukan penyebab dari risiko autisme. Para ahli menekankan jika imunisasi dan autisme tidak berkaitan.

Itulah beberapa fakta mengenai autisme yang penting diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Mom menemukan kondisi kesehatan fisik atau psikis anak tidak beres, jangan segan untuk segera mengonsultasikan dan memeriksakan kondisinya ke dokter atau ahlinya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Anak Pengidap Autisme Memiliki Otak Lebih Cerdas
Artikel Selanjutnya
Pada Usia Berapa Anak Bisa Dideteksi Mengalami Autisme?