Sukses

Parenting

Memberikan Gadget pada Anak Usia Bawah 12 Tahun, Ini Bahayanya

Fimela.com, Jakarta Saat ini gadget menjadi salah satu hal yang sangat penting buat setiap orang. Tak hanya orang dewasa mengenal gadget dan sangat membutuhkannya, anak-anak rupanya juga tak bisa lepas dari kecanggihan gadget.

Melansir dari laman milna.com, tidak sedikit anak usia di bawah 12 tahun yang telah memiliki gadget dan menghabiskan banyak waktunya di depan gadget. Padahal, hal ini sangat berbahaya buat kesehatan serta tumbuh kembang anak.

Para ahli yang tergabung di Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menyebutkan jika anak 0-2 tahun sama sekali tak boleh terpapar gadget. Sedangkan anak usia 3 - 5 tahun, penggunaan gadget hanya boleh dilakukan paling lama selama 1 jam perharinya. Dan untuk anak usia 6 - 18 tahun, penggunaan gadget sebaiknya tak lebih dari 2 jam perharinya.

Ada banyak bahaya yang mengancam anak ketika ia terpapar gadget terlalu sering dan terlalu lama. Berikut beberapa bahayanya tersebut.

Bahaya Gadget Buat Anak

  1. Gadget bisa mengganggu tumbuh kembang otak anak. Anak yang terlalu sering terpapar gadget bisa mengalami keterlambatan kognitif, gangguan proses belajar hingga menurunkan kemampuan berpikir.
  2. Anak yang terlalu sering terpapar gadget akan mengalami masalah pada tumbuh kembang tubuhnya. Anak-anak ini juga akan berpengaruh pada anggota tubuh anak termasuk mata, tangan dan punggung.
  3. Anak yang berlebihan dalam bermain gadget juga berisiko mengalami obesitas. Ini mengingat jika bermain gadget akan membatasi gerak tubuh anak atau aktivitasnya.
  4. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika anak yang terlalu sering terpapar gadget akan mengalami masalah tidur. Karena pengaruh gadget anak bisa kurang tidur atau insomnia.
  5. Bahaya selanjutnya adalah anak menjadi lebih agresif. Banyaknya berita mengenai kekerasan dan hal negatif lainnya akan meningkatkan risiko anak terpengaruh berita tersebut.
  6. Anak yang diperkenalkan gadget sejak usianya sedini mungkin juga lebih rentan kecanduan pada gagdet. Tak hanya kecanduan, anak juga bisa mengalami masalah psikis dan kelainan mental.
  7. Anak yang terlalu sering bermain gadget juga rentan terkena radiasi emisi. Radiasi ini akan meningkatkan risiko penyakit kanker, stroke, jantung dan penyakit mematikan lainnya.

Itulah beberapa bahaya jika akan diperkenalkan dan diberi gadget di usia di bawah 12 tahun. Kalau pun ingin memberikan gadget ke anak, pastikan untuk mengajarkan anak agar lebih bijaksana dalam menggunakan gadgetnya. Awasi dengan baik penggunaan gadget pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Anak Tak Kecanduan Gadget, Begini Cara Bijak Mencegahnya