Sukses

Parenting

Waspada, Ini 4 Bahayanya Jika Anak Mengalami Obesitas

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orangtua merasa gemas dan bahagia ketika mendapati buah hatinya tumbuh dengan baik. Orangtua juga akan sangat bahagia ketika mendapati sang anak memiliki tubuh sintal bahkan gemuk dan lahap setiap kali makan

Anak-anak dengan tubuh yang sintal atau gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Anak-anak ini juga akan terlihat semakin menarik hati. Tapi jangan salah Mom, di balik tubuh gemuk anak ada beberapa bahaya kesehatan yang mengancamnya.

Melansir dari laman parents.com, anak dengan tubuh gemuk atau obesitas bisa saja mengalami berbagai masalah kesehatan saat itu juga bahkan ketika ia telah tumbuh dewasa. Berikut adalah beberapa bahaya kesehatan yang mengancam anak dengan tubuh obesitas.

Penyakit Jantung

Penelitian menemukan jika anak dengan tubuh gemuk sangat berisiko menderita penyakit jantung atau gangguan jantung. Dengan banyaknya lemak yang menumpuk di tubuh, ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung anak. Tubuh gemuk anak secara tidak langsung memaksa

Bahaya Anak Terlalu Gemuk

Risiko Diabetes

Anak yang mengalami obesitas juga dipercaya mengalami risiko diabetes lebih besar. Para ahli menyebutkan jika tubuh gemuk anak membuat tubuhnya kesulitan mencerna asupan glukosa dengan optimal sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Asma

Anak dengan tubuh gemuk juga memiliki risiko asma yang lebih besar. Penelitian yang dimuat dalam Asthma Research and Practice Journal menemukan bahwa sekitar 38% penderita asma adalah penderita obesitas.

Masalah Otot dan Tulang

Mengutip dari laman ucsfbenioffchildrens.org, anak yang mengalami obesitas memiliki risiko masalah otot dan tulang lebih besar dari anak-anak dengan berat badan ideal. Berat badan yang berlebih mengharuskan otot dan tulang anak menopang beban yang lebih berat. Ini juga berarti membuat otot dan tulang anak bekerja lebih ekstra hingga meningkatkan berbagai masalah kesehatan.

Itulah beberapa bahaya yang mengancam anak ketika ia memiliki tubuh terlalu gemuk atau obesitas. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk menjadi orangtua yang lebih bijak dalam mengasuh serta merawat anak.

#GrowFearless with FIMELA

Loading