Sukses

Parenting

Waspada Mom, Ini 4 Sikap Orantua yang Menyebabkan Anak Minder

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki karakter dan kepribadian masing-masing. Lingkungan keluarga dan tempat dipercaya sebagai hal utama yang bisa membentuk karakter dan kepribadian anak.

Beberapa anak tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Mereka memiliki rasa percaya diri, semangat dan kebahagiaan melimpah. Tapi, tidak sedikit anak yang justru merasa kurang percaya diri, minder, mudah takut, mudah khawatir dan sejenisnya.

Melansir dari laman parents.com, hal utama yang membentuk karakter anak adalah lingkungan keluarga terutama orangtua. Para ahli menemukan jika orangtua berperan besar terhadap perkembangan mental anak. Sikap orangtua juga berperan penting dalam membentuk rasa percaya diri anak atau sebaliknya yakni rasa minder.

Berikut beberapa sikap orangtua yang bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi mudah minder, kurang percaya diri bahkan terisolasi dari lingkungan sepermainannya.

Sikap Orangtua Bikin Anak Minder

Orangtua Keras Kepala

Orangtua yang keras kepala dan egois bisa menyebabkan anak merasa minder di hadapan orang lain. Ketika anak mendengar tentang sikap keras kepala dan egois orangtua dari oranglain yang membicarakan orangtua di belakangnya, rasa minder anak bisa semakin besar.

Bertengkar di Depan Anak

Orangtua yang sering bertengkar di depan anak juga akan meningkatkan risiko anak minder. Bertengkar atau berdebat dengan pasangan di hadapan anak akan membuat anak merasa sangat sedih. Ini juga membuat anak merasa takut dan merindukan keluarga lain misalnya saja keluarga temannya yang orangtuanya sabar, penuh kasih sayang dan tidak pernah ada masalah di dalamnya.

Memarahi Anak di Hadapan Orang Lain

Memarahi anak di hadapan orang lain juga akan membuat anak merasa minder. Dimarahi di depan orang lain terlebih orang banyak akan membuat anak merasa harga dirinya turun. Ini juga akan membuat anak merasa dendam ke orangtuanya. Tak hanya minder, memarahi anak di hadapan orang lain juga memungkinkan membuat anak bertambah bandel dan menyebalkan.

Sikap Orangtua Bikin Anak Minder

Menertawakan Anak

Ketika anak terjatuh atau melakukan kesalahan dan orangtua menertawakannya, ini juga akan membuat harga diri anak turun. Ini akan membuat anak merasa trauma hingga merasa ketakutan atau minder. Menertawakan anak hanya akan menurunkan rasa percaya diri anak.

Itulah beberapa sikap orangtua yang bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi minder, kurang percaya diri dan kurang nyaman dengan dirinya. Selain sikap di atas, sikap orangtua lain yang bikin anak minder adalah orangtua mengolok-olok anak, orangtua ingin menang sendiri di depan orang lain, orangtua membantah nenek atau kakeknya, orangtua tidak bisa mengontrol emosi dan masih lagi.

Well Mom, usahakan untuk mengasuh dan merawat anak dengan penuh kesabaran. Meski begitu, ketika anak melakukan kesalahan orangtua juga harus tegas dan menasehatinya. Selalu dukung anak apapun prestasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mengetahui Anak Kesepian, Perhatikan Tandanya!
Artikel Selanjutnya
Makanan yang Jatuh Belum Lima Menit Masih Amankah Dimakan?