Sukses

Parenting

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

ringkasan

  • Cegukan biasanya disebabkan karena kontraksi otot diafragma
  • Memberikan pacifier atau empeng adalah cara untuk mengatasi cegukan pada bayi

Fimela.com, Jakarta Cegukan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga pada bayi. Cegukan biasanya disebabkan karena kontraksi otot diafragma yang terjadi tiba-tiba. Bisa disebabkan karena bayi tiba-tiba merasa panik.

Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat cegkan. Namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan cegukan ini jadi bahaya bagi kesehatan bayi. Cegukan yang terlalu sering bisa jadi disebabkan adalah masalah kesehatan.

Pada bayi baru lahir, cegukan sering disebabkan karena bayi minum susu terlalu banyak, terlalu cepat atau menelan banyak udara. Hal tersebut dapat mengakibatkan distensi lambung dan mengakibatkan cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cegukan terjadi bisa jadi karena terlalu cepat minum susu. Jadi, saat minum susu pastikan untuk memberi jeda. Untuk menenangkan cegukan pada bayi, mom dapat memberikan pacifier atau empeng. Mom juga dapat membuat bayi bersendawa setelah kenyang disusui, menggosok punggung bayi, atau mengalihkan perhatiannya.

Dan yang terpernting mom tidak perlu khawatir berlebihan karena cegukan dapat berhenti sendiri. Normalnya cegukan akan hilang maksimal 10 menit. Jika memang lebih dari itu coba konsultasikan dengan dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat mom.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Bayi Terus-menerus Cegukan, Begini Cara Meredekannya