Sukses

Parenting

Mati Lampu, Ini Cara Simpan ASI agar Tetap Awet

ringkasan

  • Kulkas atau Freezer tidak dibuka tutup
  • Es batu balok dan koran sangat membantu ASIP tetap beku

Fimela.com, Jakarta Mati lampu  panjang baru saja terjadi di wilayah Jabodetabek hingga mencapai Bandung pada Minggu (4/8/2019), bahkan mati lampu masih terjadi hingga Senin (5/8/2019) di beberapa wilayah.

Kejadian secara mendadak ini, membuat banyak orang khawatir tak terkecuali para ibu menyusui. Sebab, biasanya para ibu menyusui menyimpan ASI yang sudah Ibu perah di freezer untuk digunakan di kemudian hari. Rasa khawatir pun langsung muncul jika mati lampu terlalu lama, takut ASI basi dan tidak bisa diberikan kepada si kecil.

Kekhawatiran pun dirasakan Tasya Kamila, dalam Instastory ia menuliskan “lagi di luar kota, katanya di rumah mati lampu. Langsung panik minta orang rumah selamatkan stok ASIP yang aku simpan di freezer,” tulisnya.

Lalu apa yang ibu bisa lakukan ketika hal tersebut terjadi? Nia Umar IBCLC - Ketua Umum AIMI mengatakan sebaiknya kulkas tidak dibuka tutup agar udara luar tidak masuk.

Siapakan es balok dan koran

Nia menyarankan agar ‘bentengi’ kulkas dengan es batu balok dan koran.

“Kelilingi ASIP dengan es batu balok, lalu koran bisa digulung-gulung dan simpan di samping es batu tersebut,” ujarnya saat dihubungi Fimela.com.

Nah, koran sendiri dapat menahan dingin setelah es batu. Nia mengatakan paling tidak ASIP akan aman hingga 6 sampai 8 jam.

Citra Ayu Mustika dengan akun Instagram @olevelove, seorang bankir berusia 28 tahun mengambil sertifikasi konselor ASI pun menuliskan pada story Instagramnya, “kalau pun pas lampu udah nyala terus kita cek misal ada satu kantung yang cair tapi masih ada beku-bekunya, boleh dibekukan lagi. Atau misalnya dalam satu kantung yang cair total, bisa dikonsumsi untuk 24 jam ke depan sejak cair total,” tuturnya.

Jadi tidak perlu khawatir lagi ya moms!

 

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sempat Mati Lampu, Tantri Kotak Ajak Anak Main Tanpa Gadget
Artikel Selanjutnya
Tak Semua Negatif, Ini Hikmah dari Mati Listrik Panjang yang Terjadi