Sukses

Parenting

10 Sayuran Menyehatkan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil penting mengonsumsi aneka makanan dan minuman yang bisa menutrisi tubuhnya serta buah hati di kandungan dengan lebih baik. Ibu hamil pada dasarnya tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan karena ini bisa membahayakan kandungan.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil secara rutin. Salah satu makanan tersebut adalah sayuran.

Ada beberapa sayuran yang tak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi ibu hamil agar kandungan senantiasa sehat dan kuat. Mengonsumsi sayuran ini juga sebagai langkah untuk menutrisi tubuh ibu dengan baik tanpa membuat tubuh ibu mengalami kenaikan berat badan berlebih. Kira-kira sayur apa saja yang sebaiknya dikonsumsi ibu selama kehamilan?

Daun Singkong hingga Kangkung

Daun Singkong

Sayur pertama yang sebaiknya dikonsumsi adalah daun singkong. Daun singkong bisa diolah menjadi sayur bobor, sebagai sayur kulupan (rebus) dan juga ditumis. Daun singkong memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu hamil. Tapi, bagi ibu hamil yang memiliki risiko darah tinggi sebaiknya menghindari daun singkong.

Daun Katuk

Daun katuk juga sebagai salah satu sayuran yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Daun katuk akan memperlancar ASI ibu hamil setelah ia melahirkan nantinya.

Terong Ungu

Terong ungu mengandung asam folat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini bisa bermanfaat untuk kesehatan ibu pun janin di kandungannya. Terong ungu juga mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang baik buat kesehatan janin.

Kubis

Sayuran selanjutnya yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil adalah kubis. Kubis mengandung nutrisi dan vitamin yang baik buat ibu maupun janin di kandungan. Ada beragam masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan dasar kubis.

Kangkung

Kangkung menjadi sayuran hijau yang kaya manfaat buat kesehatan. Konsumsi sayur kangkung selama kehamilan dan dapatkan berbagai manfaatnya. Tapi ingat, sebelum memasak sayur kangkung, cuci sayur ini hingga benar-benar bersih dan rendam dengan air garam agar kuman serta bakteri yang menempel di sayur kangkung mati.

Wortel hingga Brokoli

Wortel

Sayur yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil selanjutnya ada wortel. Nutrisi dan vitamin di sayur ini sangat baik buat kesehatan ibu maupun bayi.

Asparagus

Sayur asparagus mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik buat kesehatan. Konsumsi sayuran ini selama kehamilan dan rasakan manfaat mengagumkannya.

Buncis

Sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan selanjutnya adalah buncis. Ada beragam masakan yang bisa dibuat dengan buncis. Sayur ini juga kaya nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Bayam

Sayur bayam juga menjadi salah satu sayur yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Bayam mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik buat kesehatan.

Brokoli

Selain sangat enak, sayur brokoli juga menyehatkan. Ini adalah salah satu sumber nutrisi terbaik buat ibu hamil. Brokoli juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga akan sangat disayangkan jika tidak dikonsumsi secara rutin.

Itulah beberapa sayuran yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Kafein Selama Kehamilan, Apakah Berbahaya?
Artikel Selanjutnya
10 Sayuran Terbaik dan Sehat untuk Ibu Hamil