Sukses

Parenting

Alasan Membiarkan Anak Bertengkar di Rumah Itu Baik untuk Mereka

ringkasan

  • Pertengkaran antar saudara melatih anak untuk mengatasi situasi yang berada di sekitarnya
  • Bertengkar mampu melatih kecerdasan sosial emosional mereka

Fimela.com, Jakarta Ketika anak-anak bertengkar di rumah, orangtua mungkin khawatir akan ada 'perang dunia' antar saudara yang akan membuat mereka saling terpisah dan membenci satu sama lain. Tenang saja, jangan berpikir berlebihan dulu, karena sebenarnya membiarkan kakak adik bertengkar itu sehat untuk kesehatan mental dan emosional anak.

Menurut psikolog Karen Young dalam Babyology, pertengkaran saudara di rumah sangat penting dalam perkembangan anak karena hal ini membantu mengajarkan mereka bagaimana mengatasi berbagai situasi sosial yang menimpanya.

Anak Bertengkar

Inilah kelebihan anak yang memiliki saudara kandung di rumah. Mereka belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah terlebih dahulu dari keluarganya, bagaimana menghadapi situasi yang kontradiktif dengannya sehingga mampu menghadapinya dengan lebih baik ketika harus dihadapkan pada situasi sosial di luar rumah.

Karen mengungkapkan, inilah hal terbaik yang bisa didapat anak-anak yang memiliki saudara di rumah, bertengkar mampu melatih kecerdasan sosial emosional mereka. Selalu ada hal yang bisa mereka pelajari ketika bertengkar, entah itu menyadari kesalahan, bernegosiasi, meminta maaf, atau mengenali karakter yang berbeda.

Jadi, membiarkan anak bertengkar itu tak masalah Moms, asal kita tahu batasan atau kapan harus melerai dan meluruskan masalah antara keduanya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading