Sukses

Parenting

Payudara Nyeri dan Bengkak saat Hamil, Normalkah?

Fimela.com, Jakarta Adaptasi fisiologis hormonal dan penyesuaian tubuh terhadap kehamilan bisa menimbulkan sejumlah keluhan. Perubahan dan proses penyesuaian ini dapat memberi sejumlah dampak berupa keluhan di beberapa bagian tubuh. Bahkan payudara bisa terasa nyeri dan bengkak saat hamil.

Keluhan kehamilan yang berupa payudara nyeri dan bengkan bahkan kadang disertai rasa berat serta tak nyaman terkadang cukup mengganggu bagi ibu hamil. Dokter Irfan Rahmatullah, Sp.OG dan dr. Nurcholid Umam Kurniawan, M.Sc. Sp.A dalam buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat menjelaskan keluhan ini disebabkan oleh aktivitas hormon yang mempersiapkan ibu hamil untuk menyusui. Kelenjar susu mulai membesar dan mulai terisi air susu, sehingga payudara bisa terasa nyeri dan bengkak saat kehamilan.

 

 

Kenakan Bra yang Nyaman

Kondisi tersebut masih tergolong hal yang normal. Bahkan tidak ada risiko ke bayi. Untuk mengatasi payudara yang nyeri dan bengkak, ibu hamil disarankan menggunakan bra yang nyaman. Hindari bra yang terlalu sempit atau bra dengan kawat. Pilih bra dengan jenis bahan yang dapat memberi sirkulasi udara yang baik.

Saat kehamilan dan menyusui, ukuran payudara akan bertambah jauh lebih besar daripada biasanya. Jadi, ibu perlu memastikan bra yang dikenakan benar-benar nyaman dan tidak bikin sesak. Bila nyeri yang dirasakan terlalu menyiksa, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kekebalan Tubuh Ibu Selama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Janin Sehat