Sukses

Parenting

Kapan Gerakan Janin akan Terasa Pertama Kali?

Fimela.com, Jakarta Gerakan janin dalam kandungan bisa menjadi parameter kondisi kesehatannya. Ibu hamil bahkan disarankan untuk membuat semacam jurnal untuk mencatat frekuensi dan intensitas gerakan janin ini. Tapi sebenarnya kapan gerakan janin bisa terdeteksi untuk pertama kali?

Gerakan janin sudah bisa dideteksi saat usia kehamilan sudah menginjak 7 minggu. Seperti yang dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, dengan pemeriksaan USG, gerakan janin bisa mulai dideteksi ketika kehamilan sudah menginjak usia 7 minggu. Sebagian ibu hamil ada yang merasakan gerakan bayi untuk pertama kalinya pada usia kehamilan 12-16 minggu.

 

Awalnya Mungkin Hanya Sebatas Kedutan

Gerakan pertama bisa jadi hanya dirasakan seperti kedutan. Biasanya gerakan baru benar-benar terasa saat usia kehamilan masuk ke minggu ke-20. Tapi perlu dipahami juga bahwa kondisi kehamilan setiap perempuan bisa berbeda-beda. Gerakan bayi yang kita rasakan bisa saja berbeda dengan gerakan yang dirasakan ibu hamil lainnya.

Tak perlu khawatir bila gerakan bayi mulai menurun saat kehamilan sudah masuk minggu ke-32. Sebab pada kehamilan tersebut, bayi sudah semakin besar dan air ketuban juga sudah berkurang sehingga ruang untuk bergerak mulai menyempit. Selalu pantau gerakan janin dan pastikan selalu kontrol ke bidan atau dokter kandungan untuk memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kekebalan Tubuh Ibu Selama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Janin Sehat