Sukses

Parenting

5 Cara Mengatasi Masalah Flu dan Batuk Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Flu dan batuk merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang. Flu dan batuk adalah masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Flu dan batuk bisa menyerang siapa saja termasuk ibu hamil.

Flu dan batuk selama kehamilan dirasa sangat mengganggu. Tak hanya mengganggu, flu dan batuk selama kehamilan juga bisa memengaruhi tumbuh kembang janin di kandungan. Menurut Cleveland Clinic, terjadi penurunan kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh selama kehamilan. Penurunan inilah yang seringkali meningkatkan risiko tubuh lebih mudah tertular virus flu dan batuk.

Melansir dari laman health.com, selama kehamilan Mom penting menjaga kesehatannya. Ia juga penting menerapkan pola hidup yang lebih sehat demi mencegah risiko flu dan batuk menyerangnya. Namun, jika tubuh sudah tertular flu dan batuk, ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Flu dan Batuk Saat Hamil

Istirahat Cukup

Cara pertama yang tak boleh dilewatkan adalah istirahat cukup. Pastikan untuk tidur setidaknya selama 8 jam setiap harinya. Hindari melakukan aktivitas berat yang bisa memperparah risiko flu dan batuk. Miliki juga tidur siang agar flu dan batuk segera pulih.

Perbanyak Konsumsi Cairan

Sebaiknya perbanyak konsumsi cairan terutama air putih. Memperbanyak konsumsi air putih akan meningkatkan performa kesehatan dan mengobati flu serta batuk.

Hindari Stres

Pastikan untuk menghindari stres selama kehamilan. Stres bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu rentan terkena flu. Stres juga bisa memperparah risiko flu dan batuk yang dirimu alami.

Olahraga Rutin

Miliki olahraga rutin setiap harinya. Olahraga berupa senam hamil atau jalan kaki sudah cukup membantumu mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk flu dan batuk.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi flu dan batuk selanjutnya adalah terapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan dan minuman yang meringankan flu. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa memperparah flu dan batuk seperti gorengan, es dan buah-buahan yang bergetah. Konsumsi sayuran dan daging yang telah dimasak hingga benar-benar matang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu dan batuk selama kehamilan. Sebaiknya, ketika flu dan batuk selama kehamilan, hindari mengonsumsi obat-obatan. Jika pun ingin mengonsumsi obat flu dan batuk, periksakan diri dokter dan minta resepnya darinya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kekebalan Tubuh Ibu Selama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Janin Sehat