Sukses

Parenting

5 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

ringkasan

  • Meredakan Nyeri Punggung
  • Memudahkan Proses Mengontrol Pernapasan
  • Meningkatkan Keseimbangan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih dan dilakukan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah olahraga pilates. Pilates ada yang dirancang khusus untuk ibu hamil sebagai olahraga yang baik dilakukan secara rutin. Tapi sudah tahukah apa saja manfaat pilates untuk ibu hamil?

Bagi para ibu hamil yang bingung ingin memilih jenis olahraga apa selama kehamilan, pilates bisa jadi pilihan. Dilansir dari vivaphysiotherapy.com, sudah ada banyak penelitian yang membuktikan efek positif pilates untuk ibu dan bayi dalam jangka panjang. Termasuk bisa bantu mempercepat proses pemulihan ibu setelah melahirkan.

1. Meredakan Nyeri Punggung

Olahraga pilates bisa bantu menjaga postur tubuh. Selama kehamilan, postur tubuh bisa mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya janin dalam kandungan. Nyeri punggung yang sering dialami selama kehamilan bisa bantud diredakan dengan latihan pilates secara rutin.

2. Memudahkan Proses Mengontrol Pernapasan

Latihan pernapasan adalah kunci utama di semua kelas pilates. Hal inilah yang membuat pilates sangat baik bagi ibu hamil. Latihan pernapasan yang baik bisa memberi dampak positif pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Rasa kaku pada punggung yang kerap muncul seiring bertambahnya usia kehamilan bisa menghambat pernapasan kita. Dengan latihan pilates seperti arm opening, fleksibilitas di area tersebut bisa lebih baik.

 

3. Meningkatkan Keseimbangan

Selama kehamilan, tubuh mungkin akan terasa berat sebelah atau tidak stabil. Latihan pilates dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dengan memperkuat latihan intim dan membantu kita lebih peka terhadap perubahan postur tubuh.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selama kehamilan, berat badan rentan naik. Jika tak dikendalikan dengan baik, berat badan bisa berlebihan dan malah meningkatkan risiko gestational diabetes. Latihan pilates rutin dapat membantu kita menjaga berat badan tidak sampai naik berlebihan selama kehamilan.

5. Mempercepat Proses Pemulihan setelah Melahirkan

Bila selama kehamilan sudah rutin melakukan olahraga pilates, kesehatan dan kebugaran tubuh akan terjaga dengan baik. Hal ini pun dapat membantu kita bisa pulih lebih cepat setelah melahirkan. Sehingga bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

Selama kehamilan, kita bisa mengikut kelas pilates untuk ibu hamil dengan trainer profesional. Konsultasikan juga dengan dokter untuk memastikan pilates bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat yang sesuai dengan kondisi kehamilan kita.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Usaha untuk Bisa Hamil Anak Perempuan, Simak 3 Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Usaha untuk Bisa Hamil Anak Laki-Laki, Simak 5 Tipsnya