Sukses

Parenting

5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Janin Sehat

ringkasan

  • Makanan Mentah dan Setengah Matang
  • Makanan dan Minuman Beralkohol

Fimela.com, Jakarta Hamil atau mengandung menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ibu hamil harus memerhatikan asupan nutrisinya setiap hari, harus memerhatikan kesehatannya dan janin di kandungannya.

Selama hamil, tidak sedikit perempuan yang merasa bahagia, bangga, cemas bahkan takut di waktu yang sama. Beberapa di antara mereka juga harus sangat mempertimbangkan apa saja makanan atau minuman yang boleh dikonsumsi demi menjaga kesehatannya serta kesehatan janin di kandungannya.

Melansir dari laman health.com, agar ibu dan janin selalu sehat, ada beberapa makanan yang wajib dan harus dihindari ibu hamil. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari tersebut.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Makanan Mentah dan Setengah Matang

Makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan mentah dan setengah matang. Dalam makanan ini dikhawatirkan mengandung kuman, virus, parasit atau bakteri yang berbahaya buat tumbuh kembang kembang janin.

Makanan dan Minuman Beralkohol

Makanan selanjutnya adalah makanan dan minuman yang berakohol. Ini penting dihindari ibu hamil demi menjaga kesehatan janin dan diri sendiri. Alkohol bersifat beracun dan membahayakan keselamatan janin.

Seafood

Seafood adalah makanan yang menyehatkan dan kaya akan omega 3. Namun, usahakan untuk menghindari aneka sefood karena dikhawatirkan mengandung merkuri yang berbahaya bagi tumbuh kembang janin.

Teh Herbal

Makanan selanjutnya yang harus dihindari adalah teh herbal. Teh herbal sebenarnya menyehatkan. Tapi, jika ini dikonsumsi berlebihan dan terus-menerus selama kehamilan, dikhawatirkan ini bisa meningkatkan risiko keguguran.

Pemanis Buatan

Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dengan kadar glukosa tinggi juga sangat penting dihindari. Makanan dengan pemanis buatan berisiko meningkatkan diabetes selama kehamilan. Ibu hamil dengan konsumsi glukosa berlebih juga berisiko obesitas. Obesitas akan membuati ibu hamil berisiko terhadap preeklampsia dan diabetes gestasional.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari selama kehamilan. Selain makanan di atas, makanan yang mengandung kafein berlebih, mengandung tingkat keasaman berlebih dan susu atau keju tanpa pasteurisasi juga harus dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Buah yang Sebaiknya Mom Hindari Selama Kehamilan