Sukses

Parenting

5 Bahan Alami yang Bisa Dimanfaatkan untuk Obat Batuk Anak

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek merupakan penyakit yang sering menyerang orang dewasa, anak-anak bahkan bayi. Batuk tercatat sebagai penyakit yang paling umum dijumpai pada anak-anak dan bayi.

Kekebalan tubuh bayi yang masih dalam tahap perkembangan membuatnya sangat mudah tertular virus batuk dan pilek. Ketika bayi batuk dan pilek, usahakan agar tidak langsung memberinya obat batuk dengan kandungan bahan kimia. Mom harus pandai-pandai mencari obat batuk alami untuk bayi agar tumbuh kembangnya tetap terjaga.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa bahan alami yang bermanfaat sebagai obat batuk alami anak dan bayi. Apa obat batuk alami tersebut? Simak yang berikut ini.

 

Obat Batuk Alami Anak dan Bayi

ASI (Air Susu Ibu)

Obat alami pertama adalah ASI atau Air Susu Ibu. Para ahli percaya jika nutrisi pada ASI bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantunya sembuh dari batuk serta pilek dengan lebih cepat. Ketika anak yang masih menyusu batuk, pastikan untuk sering-sering memberinya asupan ASI.

Madu

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan obat batuk alami anak adalah madu. Larutkan 1 sdt madu ke dalam 1 gelas air hangat kemudian mintalah anak mengonsumsi larutan madu ini. Madu bermanfaat menurunkan risiko batuk dan pilek serta masalah kesehatan lainnya. Tapi ingat, untuk memberikan madu ke anak jangan sampai berlebihan. Memberikan madu berlebihan ke anak justru memberi efek buruk pada kesehatan anak.

Bawang Putih

Jika buah hati batuk dan pilek, manfaatkan bawang putih. Iris bawang putih kemudian campur bersama minyak kau putih atau minyak telon dan oleskan ke pelipis bayi. Mom juga bisa meletakkan ramuan ini di dekat tempat tidur anak. Aroma bawang putih bisa meredakan hidung tersumbat akibat batuk dan pilek.

Jeruk Nipis

Untuk anak yang telah berusia 7 bulan ke atas sudah bisa diberi obat batuk alami berupa jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang melimpah pada jeruk nipis bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan meredakan batuk anak.

Lemon

Sama dengan jeruk nipis, lemon juga bermanfaat meredakan batuk serta pilek, Kandungan nutrisi pada lemon bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa meredakan radang tenggorokan serta hidung tersumbat akibat batuk dan pilek.

Itulah beberapa bahan alami yang bermanfaat sebagai obat batuk alami pada anak. Jika batuk dan pilek pada anak tak kunjung sembuh setelah satu minggu, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi anak ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Batuk yang Sering Menyerang Anak-Anak dan Bayi