Sukses

Parenting

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Atas Usia 35 Tahun

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Kehamilan juga menjadi momen di mana setiap perempuan hamil harus lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan pribadinya maupun janin di kandungannya.

Melansir dari laman parents.com, kehamilan akan minum risiko ketika terjadi di usia emas yakni usia 21 hingga 35 tahun. Kehamilan di usia bawah 21 tahun tinggi risikonya. Begitu pun untuk kehamilan di usia atas 35 tahun.

Para ahli mengungkapkan jika kehamilan di atas usia 35 tahun meningkatkan berbagai risiko komplikasi. Kehamilan di usia ini juga meningkatkan risiko persalinan dini hingga keguguran. Kelainan kromosom yang menyebabkan bayi lahir Down Syndrome, ari-ari menghalangi jalan lahir, berat badan bayi rendah dan kelahiran prematur sangat tinggi pada kehamilan di usia atas 35 tahun.

 

Bagaimana Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Usia Atas 35 Tahun?

  1. Ketika merencanakan kehamilan di usia atas 35 tahun, diskusikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Minta saran apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat hamil di usia atas 35 tahun.
  2. Pastikan untuk memiliki pola makan sehat setiap harinya. Konsumsi berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Utamakan mengonsumsi makanan dengan asam folat, kalsium, zat besi dan vitamin D cukup banyak setiap harinya.
  3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Jika makanan sehari-hari sudah mengandung air, minum air putih secukupnya dan jangan biarkan tubuh dehidrasi.
  4. Jaga berat badan tubuh agar tidak kurang atau berlebihan. Jaga berat badan agar berada di berat normal.
  5. Mulai konsumsi suplemen kehamilan sejak kehamilan berusia 3 bulan. Diskusikan juga hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya.
  6. Miliki olahraga cukup setiap harinya. Rutin olahraga yang ringan seperti senam hamil, yoga dan jalan kaki di pagi hari akan meningkatan kesehatan Mom serta janin di kandungan.
  7. Periksakan kondisi kehamilan secara rutin pada dokter atau bidan ahlinya. Lakukan USG terhadap kehamilanmu minuman 4 kali selama kehamilan.
  8. Selama kehamilan pastikan untuk menghindari stres atau depresi. Usahakan untuk tetap tenang, sabar dan bahagia. Stres selama kehamilan apalagi di usia yang sudah tua sangat tinggi risikonya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilan di usia atas 35 tahun. Cara ini juga sangat disarankan untuk diterapkan ibu hamil dengan usia terbaiknya yakni 21 samai 35 tahun demi dapatkan kehamilan yang sehat, bugar lancar hingga proses persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Beda Trimester Kehamilan, Beda Olahraga yang Boleh Dilakukan
Artikel Selanjutnya
8 Penyebab Morning Sickness pada Ibu Hamil yang Sering Terjadi