Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: 4 Cara Menjaga Anak Remaja Saat Gunakan Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Di era yang serba digital dan terkoneksi lewat internet, media sosial bukan hanya digunakan orang-orang dewasa. Pasalnya, anak-anak di usia belia dan remaja pun membutuhkan internet untuk belajar dan saling terkoneksi dengan dunia luar. Salah satu medium untuk saling berkoneksi adalah media sosial. 

Di Indonesia, media sosial juga kerap digunakan kalangan remaja. Salah satunya, Instagram. Namun, orangtua ternyata kerap mengalami kesulitan untuk mencari tahu apa saja kegiatan yang dilakukan anak remaja mereka di Instagram. 

Untuk itu, Instagram meluncurkan Panduan Instagram untuk Orangtua dalam Bahasa Indonesia. Panduan ini bertujuan untuk mengajarkan orangtua cara-cara mengontrol penggunaan media sosial pada anak. Panduan ini juga didesain secara khusus dan dengan mudah dipahami. Berikut beberapa tips buat orangtua untuk memastikan keamanan anak remaja mereka di Instagram. 

1. Pahami alasan anak menggunakan Instagram

Pertama-tama, pelarangan menggunakan media sosial di era digital ini mungkin merupakan keputusan yang kurang bijaksana. Pasalnya, lewat media sosial, anak juga bisa menjadi lebih kreatif dan bahkan mengeksplor potensi diri mereka. Namun, Sahabat Fimela juga harus memahami alasan anak menggunakan Instagram terlebih dahulu. Biasanya, remaja menggunakan media sosial untuk terhubung dengan teman dan komunitas, membagi momen, dan merayakan peristiwa penting. 

 

2. Dorong remaja menjadi dirinya sendiri

Selain itu, dorong anak untuk menjadi dirinya sendiri dengan berbagai cara. Seperti ajak anak untuk menentukan apakah akan membuat akun mereka bersifat publik atau privat. Anak remaja akan cenderung tampil sebagai diri mereka sendiri ketika mereka sadar memiliki kendali atas privasinya. Selain itu, ajari mereka untuk menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau saat mereka tak ingin lagi berinteraksi dengan akun tertentu.

3. Kendalikan interaksi anak di Instagram

Ajari juga bagaimana cara anakmu memiliki kendali atas siapa saja yang bisa mengomentari postingan mereka dengan menggunakan fitur Kontrol Komentar. Juga, fitur Blokir bisa digunakan untuk memblokir akun tertentu agar komentar dari akun tersebut tidak akan muncul kembali. 

4. Ajak anak menggunakan waktunya dengan bijak

Social media could be addictive. Ajak anak untuk menggunakan media sosial dengan bijak. Pantau berapa lama anakmu menghabiskan waktu untuk bermain Instagram. Kamu bisa memeriksa lama waktu penggunaan Instagram lewat Dasbor 'Aktivitas Anda' yang ada di bagian Pengaturan Instagram. 

Kamu bisa menetapkan batas waktu tertentu bagi anak untuk mengakses Instagram dalam sehari dengan mengaktifkan ‘Setel Pengingat Harian’. Selain itu, mereka juga bisa menonaktifkan notifikasi Instagram selama periode waktu tertentu melalui fitur ‘Jeda Notifikasi’.

***
Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting? Daftarkan diri kamu sekarang juga dan dapatkan kesempatan menghadiri Fimela Fest 2019 di sini!

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pererat Persahabatan, Aplikasi Pesan Berbasis Kamera Hadirkan Ruang yang Lebih Privat
Artikel Selanjutnya
Atasi Online Bullying, Catatan Netizen Ajak Masyarakat Kendalikan Pengalaman di Media Sosial