Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: 4 Hal yang Ditanamkan Orangtua pada Anak untuk Menghadapi Era Modern

Fimela.com, Jakarta Berkembangnya teknologi membuat, anak-anak generasi Alpha atau mereka yang lahir antara 2010/2011 hingga 2025 hidup dengan penuh tantangan. Beberapa tantangan yang dihadapi, menurut Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, antara lain ialah menanggung beban ekonomi yang tidak selesai di masa masa sekarang, bersaing dengan robot, harus memiliki pendidikan yang tinggi hingga akan adanya jutaan lapangan pekerjaan baru yang tercipta.

Untuk itu, ia mengatakan anak perlu memiliki kemampuan belajar yang progresif, yaitu kemampuan belajar yang terus berkembang, tidak hanya berhenti pada pendidikan formal. Hal ini dapat dimulai dengan membentuk sikap belajar yang dapat diasah, dengan melibatkan anak dan lingkungan.

"Di sekolah pun anak bisa belajar dengan cara teamwork, berpikir kritis, kreatif dan berpikir secara mandiri. Cara belajar seperti ini akan membentuk empat karakter penting bagi anak, yang bermanfaat bagi mereka untuk bersaing di tengah tantangan yang akan datang," paparnya saat ditemui Fimela.com, beberapa waktu lalu.

 

Empat karakter

Empat karakter tersebut, ialah, pertama eksplorasi, di mana anak mau terus mencari hal baru yang dapat ia kembangkan, baik di dalam diei sendiri, maupun lingkungan.

Kedua berpikir keritis, dia harus berpikir kritis. Berpikir di luar apa yang sudah ada dan mau banyak bertanya.

Ketiga memiliki jiwa kepemimpinan, dia dapat memimpin dirinya sendiri dan orang lain. Jiwa leadership harus dipupuk dari kecil agar dia bisa lebih fleksibel saat ia menjadi penduduk dunia.

Terakhir ialah rasa empati, yakni memahami kebutuhan orang lain agar menciptakan solusi bagi lingkungannya. Nantinya, hal ini membuat mereka bisa menjadi seoramg spesialis di bidang yang mereka sukai.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Mainful Parenting, Melly Amaya Kiong praktisi mindful parenting dan founder dari eMKa, serta pemilik situs resminya Mellykiong.com akan menjadi speaker di Fimela Fest yang akan diselenggarakan pada 16-17 November 2019.

Yuk tambah ilmu tentang parenting di Fimela Fest 2019, segera daftarkan diri kamu di sini.

 

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Skincare Halal dengan Teknologi Mutakhir untuk Cegah Penuaan
Artikel Selanjutnya
Rajin Makan Brokoli Efektif Cegah dan Kurangi Kerutan di Wajah