Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Ibu Fearless Jalani Modern Parenting untuk Bikin Anak Bahagia

Fimela.com, Jakarta Pola pengasuhan modern ternyata dapat membuat anak lebih bahagia. Ibu fearless biasanya akan melakukan metode terbaik untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Seiring perkembangan zaman, saat ini banyak tantangan yang dihadapi ibu muda. Kemajuan teknologi memicu rasa ingin tahu anak semakin tinggi.

Untuk itu dibutuhkan kepiawaian ibu untuk menerapkan pola asuh anak yang mengedepankan kedekatan dan emosional. Dengan begitu anak dapat lebih memahami nilai-nilai, simpatik, kreatif dan tentunya lebih bahagia.

Seperti dilansir dari situs Goodmorningamerica, Minggu (22/9/2019), terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan ibu dalam mengasuh si kecil agar lebih bahagia dan sukses. Sahabat Fimela siap untuk menjadi ibu fearless?

1. Membantu anak menemukan pengetahuan yang didorong oleh rasa ingin tahu

Ilmu pembelajaran telah secara konsisten menunjukkan korelasi antara keakraban anak-anak dengan subjek terhadap kinerja serta keterampilan mereka. Seperti dalam tes membaca tentang baseball, anak yang memiliki pengetahuan dan bisa bermain baseball mendapatkan skor lebih tinggi terlepas dari kemampuan membacanya yang baik atau buruk.

Artinya adalah bahwa jika kita ingin anak-anak mahir dalam keterampilan seperti berpikir kritis, mereka perlu mengetahui dan memahami hal-hal yang mereka pikirkan secara kritis.

Jadi ajaklah anak untuk langsung melakukan hal-hal yang disenanginya. Jangan dulu tuntun untuk membaca teori terlebih dahulu, namun perkenalkan dengan pengalaman. Karena pengalaman akan merangsang kerja otak si kecil.

Sederhananya, ketika kita mempersilahkan anak-anak untuk mengikuti keingintahuan dan minat mereka, mereka belajar lebih banyak. Ketika mereka belajar lebih banyak, mereka menjadi lebih baik dalam belajar. Itu menjadi siklus yang baik.

 

2. Lihat kebelakang untuk evaluasi cara mengasuh anak terbaik

Meluangkan waktu untuk memikirkan hari-hari sebelumnya, mempertimbangkan kendala yang dihadapi, apa yang berhasil, dan apa yang tidak adalah salah satu cara untuk menemukan pola asuh yang tepat untuk si kecil. Evaluasi membantu kita lebih memahami diri sendiri dan bagaimana belajar dari keberhasilan dan kesalahan.

Mendedikasikan waktu pada akhir setiap akhir pekan untuk membahas apa yang terjadi menjadi langkah yang penting. Mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong anak untuk berpikir secara mendalam tentang situasi tertentu dan apa yang mereka inginkan terjadi? Bagaimana perasaan mereka? Hal ini akan membantu anak-anak memahami dan mengeksplorasi pilihan yang telah mereka buat.

 

3. Berpikir ke depan untuk menetapkan tujuan, dan berlatih untuk mencapainya

Masa depan adalah hal yang dirancang dari sekarang. Melihat ke depan dan menetapkan tujuan adalah sebuah keterampilan yang dapat digunakan pada setiap bagian kehidupan. Mulai setiap pagi luangkan waktu yang didedikasikan untuk menyiapkan apa yang dibutuhkan untuk menjadi sukses.

Tetapkan tujuan di rumah bersama dengan anak-anak dan buat rencana untuk melaksanakannya. Kamu bisa membantu anak-anak mempraktikkan pengarahan diri sendiri seperti mengetahui kapan harus mengubah strategi, mencari tantangan yang lebih sulit, dan meminta bantuan.

Ingin tahu lebih banyak tentang fearless mom dan modern parenting? Daftarkan dirimu segera dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019 di sini!

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Pola Asuh Good Bad Cop Parenting Tidak Baik untuk Anak
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Cara Cerdas Orangtua Mendidik Anak dengan Mindful Parenting