Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Batasi Anak Main Gadget Bentuk Mindful Parenting?

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang mindful parenting, mungkin kamu telah sering mendengar berbagai tips dan serba- serbi dalam membesarkan anak atau bagaimana menjadi orangtua yang baik. Salah satu yang sedang banyak menjadi fokus adalah membatasi waktu anak untuk bermain gadget, apa kamu juga melakukannya?

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa remaja menghabiskan waktu lebih dari tiga jam dalam sehari di media sosial dan hal ini berisiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan mental. Hal yang seharusnya menjadi fokus pada mindful parenting.

Melansir dari sheknows.com, Jumat (13/9/2019), penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas John Hopkins dan diterbitukan di JAMA Psychiatry telah meneliti lebih dari 6.400 penggunaan media sosial pada remaja di Amerika Serikat selama 3 tahun.

Dari penelitian tersebut, mereka menemukan tren yang mengkhawatirkan, bahwa remaja yang menghabiskan waktu lebih dari tiga jam untuk bermain gadget lebih mungkin menekan perasaan mereka, seperti kecemasan dan depresi. Jika dikaitkan dengan mindful parenting, hal ini menghalangi mereka untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

 

 

Membatasi waktu anak bermain gadget bukan mindful parenting

Terdengar cukup familiar, bukan? Karena berbagai studi yang pernah dilakukan sebelumnya memang telah mengaitkan antara perasaan kesepian dan berkurangnya harga diri dengan penggunaan media sosial.

Alasannya beragam, bisa karena kebutuhan untuk disukai sangat melelahkan, sementara yang lain terpaku pada kehidupan "menyenangkan" yang dibagikan oleh orang lain di media sosial. Sayangnya, membatasi waktu di media sosial pada remaja bukan termasuk ke dalam mindful parenting.

Membatasi waktu di media sosial bisa dijadikan sebagai langkah awal, namun orangtua juga harus memberi contoh dengan menghabiskan lebih sedikit waktu pada gadget mereka. Apakah ini mudah? Tidak.

Kamu ingin tahu lebih lanjut tentang mindful parenting? Yuk, daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Seru-seruan Bikin Makeup Bag Bareng Komunitas Indonesian Crafter di Fimela Fest 2019
Artikel Selanjutnya
Serba-serbi Makanan Vegan di Fimela Fest 2019 Bersama Jakarta Vegan Guide