Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Hubungan Mindfull Parenting Terhadap Kecerdasan Sensorik Anak

Fimela.com, Jakarta Orangtua masa kini sudah mulai piawai mencari pedoman mengasuh anak, salah satu yang bisa digunakan adalah mindfull parenting. Dalam pola asuh ini memungkinkan ibu dan anak memiliki keterikatan dan kedekatan yang lebih dalam. Ibu dapat memahami sang anak begitupun sebaliknya.

Untuk memulai mindfull parenting, ibu bisa mengajak sang anak bermain bersama. Berikan permainan yang dapat merangsang kecerdasan sensorik anak. Kegiatan sensorik adalah aktivitas yang merangsang indera anak seperti sentuhan, bau, rasa, gerakan, keseimbangan, penglihatan, serta pendengaran yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Orangtua dapat mengaplikasikan mindfull parenting dengan memilih permainan seperti membuat kerajinan tangan yang menggunakan mainan bertekstur, warna-warni, dan bentuk-bentuk yang unik. Seperti yang diketahui mainan slime bisa merangsang sensorik anak, namun ibu bisa memilih permainan lainnya yang tidak harus lengket dan berlendir.

Permainan sensorik membantu perkembangan bahasa, pertumbuhan kognitif, keterampilan motorik halus dan kasar, keterampilan pemecahan masalah, dan interaksi sosial. Selain itu, permainan ini dapat membantu menghilangkan kecemasan dan stres pada anak.

Berikut deretan ide permainan seru orangtua dan anak yang dapat meningkatkan kecerdasan sensorik anak selain slime, seperti dilansir dari SheKnows, Kamis (12/9/2019).

1. Membuat beras pelangi

Orangtua bisa menyiapkan permainan dari beras yang diwarnai merah, kuning, hijau, dan biru layaknya pelangi. Tempatkan pada mangkuk dan siapkan sendok. Anak bisa menyusun beras-beras ini sesuai warnanya dan menghasilkan sebuah pelangi.

Ibu bisa memberikan contoh dengan membuat terlebih dahulu, kemudian liat bagaimana anak berkreasi. Beras warna-warni ini juga bisa diganti dengan kacang merah, kacang hijau, hingga bulir jangung mentah.

 

 

2. Membuat karya seni dari sabun warna-warni

Untuk permainan ini, ibu membutuhkan cat, sabun, air, dan sedotan. Ajak anak untuk mencampurkan sabun, air, dan cat sesuai keinginannya. Lalu tiup dengan sedotan sehingga menghasilkan karya seni berupa tekstur balon-balon pada sabun. Hal ini akan sangat menarik bagi anak-anak. Lakukan pada anak yang sudah mulai besar karena bisa berbahaya jika terisap.

 

3. Membuat mainan glow in the dark

Sesuatu yang glow in the dark dapat merangsang si kecil lebih fokus. Hal ini juga menjadi sangat menyenangkan bagi sang anak. Ibu bisa menggunakan pasta, cat glow in the dark, tusuk kayu, dan tambahan mata palsu untuk boneka. Untuk memudahkan si kecil, ibu bisa merangkai bahan-bahan berbentuk kupu-kupu.

Setelah itu anak bertugas mewarnai kupu-kupu dan lihat bagaimana mainan ini akan menyala di dalam kamar saat keadaan gelap. Permainan ini akan merangsang kreativitas anak dan membuatnya bersemangat.

Untuk memahami lebih dalam tentang mindful parenting, yuk, daftarkan diri kamu di sini dan raih kesempatan untuk menghadiri FIMELA FEST 2019.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Membatasi Waktu Bermain Gadget Ternyata Bisa Buat Anak Lebih Kreatif
Artikel Selanjutnya
Berbohong Ternyata Memiliki Efek Buruk Jangka Panjang pada Anak