Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Pola Asuh Terbaik untuk Membuat Anak Merasa Istimewa

Fimela.com, Jakarta Mengasuh anak adalah urusan serius dan kadang-kadang ibu mendapatkan kesulitan karena gaya hidup modern dan tekanan kerja. Untuk menjadi fearless mom, ibu bisa menggunakan modern parenting yang bisa membuat anak merasa istimewa. Untuk itu ibu muda perlu tahu tips pengasuhan dan membesarkan yang membuat anak merasa istimewa, bahagia, dan sehat.

Semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Tetapi dalam gaya hidup yang serba cepat dewasa ini, kurangnya waktu dan pengetahuan yang tepat dapat membuat segalanya menjadi lebih buruk. 

Terkadang, kelelahan akibat tekanan kerja dan stres dapat membuat orangtua terasa jauh dan dingin terhadap anak. Ini dapat berakibat serius pada kesehatan anak. Pada saat-saat seperti ini, dibutuhkan pengetahuan orangtua dalam menjalani konsep modern pareting, yang membuat anak merasa istimewa dan orangtua dapat tetap bekerja dengan baik.

Sebuah penelitian dari Pusat Ilmu Kesehatan Advent Universitas Loma Linda, Amerika Serikat mengatakan bahwa gaya pengasuhan yang tidak mendukung dapat menyebabkan komplikasi kesehatan pada anak-anak. Ini dapat memengaruhi mereka bahkan di usia dewasa.

Para peneliti menemukan bahwa telomer anak-anak yang melihat gaya pengasuhan yang dingin dari ibu mereka rata-rata 25 persen lebih kecil dibandingkan dengan yang dibesarkan oleh  ibu mereka hangat. Telomer adalah pelindung di ujung untaian DNA, biomarker terukur dari penuaan seluler yang dipercepat dan peningkatan risiko penyakit di kemudian hari.

Berikut beberapa tips untuk menjadi ibu yang hangat dan membuat anak merasa istimewa, seperti dilansir dari situs Thehealthsite, Kamis (19/9/2019).

1. Jadilah model yang baik pada anak

Jadilah orangtua yang terbaik dengan menjadi model untuk anak-anakmu. Anak sangat mudah meniru, jika melihat orang tua sebagai modelnya, dapat mendorong mereka untuk lebih bertanggung jawab.

Cobalah untuk melibatkan anak dalam sebagian besar kegiatan di rumah dan di luar, jadi dia melihat dan mempelajari cara sang ibu mengelola berbagai hal. Jadi, pastikan untuk memberi contoh yang tepat agar anak menghormati orang lain. Ibu adalah orang pertama yang anak kagumi, jadi beri dia inspirasi juga.

2. Menjadi positif

Mulailah bersikap positif jika ibu ingin mendorong semua orang di rumah untuk menjadi positif. Jika si kecil ingin mencoret-coret dinding, biarkan dia. Dengan melarangnya melakukan apa yang diinginkannya, dapat membatasi dia untuk mengeksplorasi diri dan kreativitas. Ini akan membuat anak sulit untuk mencoba hal-hal baru dan mudah ragu-ragu ketika dewasa.

 

 

3. Berikan contoh

Ikuti nilai-nilai yang ingin diberikan pada anak. Ingin anak menjadi manusia yang baik ketika ia tumbuh dewasa dan mengikuti nilai-nilai seperti kejujuran, ketulusan, dan kebaikan, maka ibu harus lakukan hal tersebut lebih dulu.

Berikan mereka contoh, karena anak tidak akan mudah mengerti jika hanya dengan kata-kata. Apapun yang dilakukan orangtua baik dan buruk anak pasti akan melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

 

4. Habiskan waktu bersama anak di luar ruangan

Nikmati permainan outdoor bersama si kecil. Hal ini dapat menjauhkan mereka dari ponsel untuk sementara waktu. Biarkan anak melakukan kegiatan olahraga. Ajari dia cara bermain bulu tangkis atau sepak bola. Ibu juga bisa mendaftarkan si kecil di kelas olahraga.

Bermain permainan luar ruangan memastikan bahwa anak tetap aktif dan meningkatkan staminanya. Jangan membuat anak hanya duduk di rumah. Anak yang aktif akan menjadi pribadi yang bahagia.

Untuk memahami lebih dalam tentang mindful parenting, yuk, daftarkan diri kamu di sini dan raih kesempatan untuk menghadiri FIMELA FEST 2019.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Cara Cerdas Orangtua Mendidik Anak dengan Mindful Parenting
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Bagus untuk Membiarkan Anak Gagal