Sukses

Parenting

Agar Tidak Gumoh, Ini 4 Cara Menyendawakan Bayi yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Seringkali bayi akan gumoh atau muntah jika terlalu banyak minum susu. Pencernaan bayi butuh adaptasi dengan makanan yang masuk dan seringkali udara akan terperangkap dan tertelan sehingga mudah membuat perut bayi penuh.

Menyendawakan bayi biasanya justru memicu gumoh, namun jika dilakukan dengan benar, bayi tak akan terbiasa gumoh. Moms sebaiknya tahu bagaimana cara mengeluarkan udara dari perut bayi dengan cara membuatnya bersendawa. Begini cara yang tepat dan benar.

1. Dudukkan bayi

Dudukkan bayi di pangkuan menghadap ke luar. Kemudian topang dadanya dengan tangan. Perlahan gosok atau tepuk-tepuk halus punggungnya agar uadara di dalam perut bisa keluar.

 

2. Menggendong tegak

Gendong bayi agak tinggi di dada dengan wajahnya mengahadap ke bahu. Topang tubuh bayi sambil menepuk-nepuk lembut punggungnya. Cukup lakukan 1-2 menit.

3. Tengkurapkan bayi

Jika bayi dalam posisi tengkurap, biasanya akan lebih mudah gumoh. Untuk menghindarinya, topang bagian dada bayi agak tinggi dalam posisi tengkurap atau kurang lebih 5 derajat. Lalu usap-usap halus punggungnya.

4. Jangan memberi asi terlalu banyak

Akan lebh baik jika tidak berlebihan memberikan minum pada bayi. Ketahui berapa banyak porsi asi yang diberikan sehingga bisa menghindari gumoh atau muntah.

Perhatikan juga untuk tidak langsung melakukan cara-cara diatas segera setelah bayi minum asi, karena makanan baru saja masuk dan risiko gumoh semakin besar.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Madu Memang Menyehatkan, tapi Jangan Buru-Buru Diberikan pada Bayi