Sukses

Parenting

Aturan Memberikan MPASI Pertama untuk Bayi Usia 6 Bulan

Fimela.com, Jakarta Setelah bayi berusia 6 bulan, sebaiknya ia mulai diberi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Konsumsi ASI saja setelah bayi berusia 6 bulan tidak cukup membantunya memiliki tumbuh kembang baik. Bayi perlu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi lain selain ASI ketika sistem pencernaannya sudah cukup kuat mencerna makanan lain.

Namun Mom, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberikan MPASI ke bayi terlebih untuk pertama kalinya. Hal yang perlu diperhatikan mulai dari pemilihan makanan, kesiapan bayi, porsi makanan dan masih banyak lagi.

Ada juga beberapa aturan yang sangat perlu diperhatikan saat memberikan MPASI ke bayi. Apa saja aturannya? Melansir dari laman babycenter.com, inilah beberapa aturan memberi MPASI ke bayi.

Aturan Memberi MPASI ke Bayi

Jenis Makanan

Aturan pertama adalah perhatikan jenis makanan. Sebaiknya di usia pertama untuk MPASI bayi diberi makanan yang kaya zat besi. Buah-buahan lunak seperti pisang dan alpukat sangat disarankan untuk diberikan pada bayi di usia 6 bulan. Ikan, telur, dada ayam dan sayuran hijau juga penting diberikan ke bayi sebagai menu MPASI.

Tekstur Makanan

Usahakan untuk memberikan makanan yang bertekstur lembut atau halus. Karena bayi belum memiliki gigi lengkap di usianya yang baru 6 bulan, makanan yang diberikan padanya sebaiknya makanan dengan tekstur lembut dan halus. Berikan juga dalam porsi kecil. Seiring dengan bertambah usianya dan giginya mulai tumbuh, Mom bisa meningkatkan tekstur makanan untuknya dari lembut, cukup kasar dan benar-benar seperti makanan orang dewasa.

 

Cara Memberi Makanan

Porsi Makanan

Pada awal-awal MPASI, sebenarnya ASI masih merupakan asupan utama bagi bayi. ASI juga masih menjadi makanan favorit bayi. Karena MPASI adalah makanan pendamping, di awal MPASI porsi yang bisa diberikan adalah 1 sampai 2 sdm. Makanan ini diberikan 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Cara Memberi Makanan

Sebaiknya makanan diberikan dengan cara menyuapi anak secara langsung. Mom memang harus lebih sabar dalam menyuapi anak yang MPASI. Mom tidak boleh terlalu memaksa anak untuk makan sendiri jika memang dia belum mampu. Sajikan MPASI dengan beragam olahan agar anak tidak bosan. Hindari memberikan makanan ke anak sambil bermain, nonton tv atau melakukan aktivitas lain karena ini bisa meningkatkan risiko anak tidak fokus buat makan.

Itulah beberapa aturan memberi MPASI ke bayi. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. Meski bayi susah makan, Mom harus tetap sabar dan pengertian ke bayi. Semakin tidak sabar Mom, semakin besar kemungkinan bayi menolak untuk makan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Kontaminasi Bakteri, Ini 3 Tips Menyimpan MPASI
Artikel Selanjutnya
5 Sayuran yang Bisa Dikenalkan ke Bayi untuk Pertama Kali