Sukses

Parenting

10 Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat perempuan. Ada banyak perubahan pada fisik pun psikis perempuan selama kehamilan.

Di awal kehamilan atau di trimester pertama kehamilan, umumnya ibu hamil akan merasa mual hingga muntah. Suasana hati juga akan berubah dan lebih sensitif. Momen ini sering disebut sebagai morning sickness.

Apa Itu Morning Sickness?

Melansir dari laman health.com, morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami ibu hamil di awal kehamilan. Mual dan muntah bisa terjadi hanya di pagi hari atau bisa juga sepanjang hari. Ada banyak hal yang menyebabkan morning sickness. Hal tersebut antara lain adalah perubahan hormon tubuh, stres, indera penciuman makin peka, kelelahan dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Mengatasi Morning Sickness?

Morning sickness yang menyebabkan mual dan muntah selama kehamilan memang tidak berbahaya bagi kesehatan janin. Namun, jika hal ini sudah berlebihan dan membuat tubuh rentan lelah, asupan nutrisi yang masuk ke tubuh minim dan daya tahan tubuh ibu hamil terus menurun, sebaiknya segera periksakan kondisi kehatan ke dokter.

Saat mengalami morning sickness, ibu hamil juga disarankan untuk mengatasinya dengan beberapa cara mudah di rumah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi morning sickness.

 
  1. Konsumsi minuman atau makanan yang mengandung aroma jahe. Para ahli percaya jika aroma wangi jahe bisa menurunkan risiko mual serta muntah selama kehamilan.
  2. Usahakan untuk menghirup aroma terapi yang bisa membuatmu tenang. Aroma terapi bisa berupa minyak lemon, minyak pappermint, minyak lavender, minyak biji adas hingga minyak spearmint.
  3. Pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Miliki waktu tidur yang teratur dan nyenyak.
  4. Agar nutrisi tubuh tetap terjaga, pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan dengan porsi kecil. Makan dengan porsi kecil tapi sering akan membantu Mom terhindar dari morning sickness. Ini juga membantu Mom dapatkan nutrisi yang baik.
  5. Hindari segala hal yang bisa meningkatkan risiko mual dan muntah. Karena indera penciuman perempuan hamil lebih sensitif, usahakan menghindari makanan, minuman atau bahan lain yang berbau menyengat.
  6. Sering-seringlah makan camilan. Camilan sehat berupa buah, biskuit atau roti gandum akan membantumu sembuh dari morning sickness.
  7. Gunakan pakaian yang longgar selama hamil. Pakaian longgar akan membantu membuatmu merasa lebih nyaman. Pakaian atau celana yang ketat akan memicu mual lebih parah.
  8. Jalan-jalan di pagi hari dan menghirup udara segar akan membantumu mengatasi masalah morning sickness. Tubuh yang bugar dan pikiran yang senang berperan besar dalam mengatasi masalah morning sickness.
  9. Usahakan untuk mengonsumsi air putih cukup setiap harinya. Ketika tubuh kekurangan cairan, ini akan membuatmu rentan mual dan muntah selama hamil.
  10. Cari kesibukan yang bisa membuatmu merasa senang dan bahagia. Ketika ibu hamil banyak termenung, ini akan membuatnya rentan stres. Jika sudah stres, risiko morning sickness akan makin meningkat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah morning sickness selama kehamilan. Beberapa perempuan akan mengalami morning sickness di awal kehamilan saja. Tapi, beberapa perempuan lainnya bisa berisiko mengalami morning sickness selama kehamilannya dari awal hingga akhir. Jika morning sickness sudah parah, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan di klinik terdekat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Penyebab Morning Sickness pada Ibu Hamil yang Sering Terjadi