Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Social Skill Ini yang Perlu Diajarkan pada Anak untuk Menghadapi Era Modern

Fimela.com, Jakarta Anak-anak tumbuh besar di dunia yang serba rumit, baik secara sosial maupun moral. Jika tidak memberi bekal social skill atau keterampilan sosial yang tepat pada anak, anak bisa tumbuh menjadi individu yang mengganggu. Inilah alasan pentingnya peran orangtua dalam mengenali social skill apa yang perlu diajarkan pada anak.

Salah satu keterampilan sosial penting yang harus dimiliki anak adalah kemampuan berbagi (sharing). Sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa anak-anak kecil sejak usia dua tahun sudah memiliki keinginan untuk berbagi dengan sesamanya, namun hanya jika apa yang dimilikinya banyak.

Berbagi akan Membuat Anak Tidak Serakah

Sayangnya, secara alami anak yang lebih besar dengan usia 3-6 tahun justru akan mengembangkan sifat mementingkan diri sendiri ketika dihadapkan pada situasi berbagi. Namun hal ini tak akan terjadi jika orangtua secara berkala mengajarkan anak untuk berbagi.

Penelitian menemukan bahwa anak-anak yang terbiasa mau berbagi, kemungkinan kecil mengembangkan sifat serakah. Ia tidak akan membebani dirinya sendiri dengan kehidupan yang serba materialistis, dan yang lebih penting adalah ia menghargai apa yang ia miliki.

Jadi, jika bingung mau mengajarkan hal baik apa pada anak, pastikan berbagi menjadi hal yang ia pelajari sejak dini ya Moms. Jangan lupa juga datang ke acara Fimela Fest 2019, Mindful Parenting “Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern” with Melly Amaya Kiong.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: 3 Cara Mencegah Penyakit pada Anak di Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
Seru-seruan Bikin Makeup Bag Bareng Komunitas Indonesian Crafter di Fimela Fest 2019