Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: 3 Contoh Mengasuh Anak dengan Penuh Perhatian

Fimela.com, Jakarta Berkembangnya zaman, tentu berkembang juga pola pengasuhan orangtua kepada anak-anak. Kini, pola asuh mindful parenting dapat dilakukan oleh para orangtua untuk mempersiapkan anak menghadapi era modern.

Sebab pola asuh ini adalah tentang keseimbangan, serta membantu mengembangkan rasa percaya diri pada anak. Penting untuk memastikan bahwa sebagai orangtua, kamu bisa membesarkan anak yang berani, kuat, dan percaya diri.

Lalu bagaimana contoh pengasuhan seperti ini? Yuk simak, contoh-contoh ini tentang bagaimana hal itu dapat memengaruhi pendekatan orangtua terhadap tantangan pengasuhan anak, dilansir dari Healthline.com.

 

1. Baby tidak akan tidur?

Luangkan waktu sejenak untuk menarik nafas. Orangtua mungkin menemukan pikiran berkeliaran ke semua malam sebelumnya ketika si kecil menolak tidur. Orangtua mungkin khawatir mereka tidak akan pernah tidur lagi - atau berfikir orangtua tidak akan memiliki waktu untuk diri sendiri. Emosi mungkin semakin besar.

Namun, berhentilah untuk memahami emosimu. Apakah merasa marah atau frustrasi? Akui ini tanpa menilai diri sendiri. Berhentilah lagi untuk memahami dan menerima bahwa banyak bayi mengalami kesulitan tidur sepanjang malam dan bahwa malam ini tidak berarti setiap malam selama sisa hidup.

2. Balita tantrum?

Lihatlah sekeliling. Sementara perilaku mereka mungkin terasa memalukan atau memicu beberapa emosi negatif lainnya.

Jika kalian melihat-lihat, kemungkinan akan melihat bahwa bersama dengan orang asing yang tatapannya membuat stres (abaikan mereka!), Ada banyak godaan untuk anak di toko. Mungkin mereka menginginkan mainan atau permen tertentu. Mungkin mereka lelah karena seharian berbelanja atau tidak tidur siang.

Sebelum meraih si kecil dan keluar dari toko, coba amati apa yang terjadi. Terimalah bahwa anak-anak dapat lepas kendali ketika ada barang yang terlibat atau ketika mereka lelah. Terimalah bahwa mereka cenderung berurusan dengan emosi mereka sendiri yang cukup besar. Dan terimalah itu sementara orang asing itu menatap, anak tidak berusaha mempermalukanmu.

3. Anak tidak mau makan?

Bayi baru lahir cenderung sering meminta ASI atau susu. Alhasil anak akan menolak untuk makan.

Ingatkan diri bahwa kalian adalah koki yang baik, dan pertimbangkan apa yang mungkin dirasakan anakmu. Mungkin mereka merasakan kekhawatiran atas rasa atau tekstur baru. Mungkin mereka ingat suatu waktu makanan dengan warna tertentu membuat mereka sakit dan sekarang menghubungkan.

Setelah masuk ke posisi mereka dan memikirkan situasi dengan empatik, bicarakan dengan mereka tentang apa yang mereka rasakan dan mengapa mereka perlu makan. Mencoba hal-hal baru sehingga mereka melihatmakan dengan penuh perhatian.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal seputar parenting atau tugas sebagai ibu? Jangan lewatkan talkshow "Mindful Parenting: Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern" bersama Melly Amaya Kiong pada hari Minggu (17/11/2019) di Fimela Fest 2019. Daftarkan dirimu sekarang juga di sini dan dapatkan kesempatan untuk menghadiri Fimela Fest 2019.

 

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019, Tara De Thouars: Kita Harus Mencintai Diri Sendiri
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019, Andra Alodita: Self Love Itu Adalah Seni