Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: 8 Langkah Mindful Parenting Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Fimela.com, Jakarta Mindful parenting adalah tentang keseimbangan, serta membantu mengembangkan rasa percaya diri pada anak. Penting untuk memastikan bahwa sebagai orangtua, kamu bisa membesarkan anak yang berani, kuat, dan percaya diri.

Menariknya, rasa percaya diri pada anak biasanya justru menurun pada masa remaja. Penyebab utamanya adalah malu akan tubuh dan adanya tekanan dari teman sebaya, maupun orangtua untuk menjadi orang yang berhasil.

Dilansir dari sheknows.com, Rabu (25/9/2019), berikut ini adalah beberapa langkah mindful parenting untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Penasaran?

1. Mengeluarkan rasa takut dari kegagalan

Sangat penting untuk membiarkan anak gagal dan mengajari mereka bagaimana untuk menghilangkan rasa takut akan kegagalan. Anak yang percaya bahwa kegagalan tidak dapat diterima biasanya merasa kurang percaya diri dan tidak tangguh, mereka juga takut mengambil risiko.

2. Dorong anak untuk mengambil risiko

Jika anak tidak berhasil dalam kesempatan pertama, ini bukan akhir dunia. Kegagalan dapat dibingkai ulang sebagai percobaan, kesempatan berlatih, dan berusaha.

3. Validasi pengalaman mereka

Amati, kenali, dan validasi perasaan anak. Apapun yang kamu lakukan, bahkan jika topik atau masalah yang terjadi tampak konyol bagi orang dewasa, jangan mengabaikan perasaan anak.

4. Berlatih bantuan positif

Pujian memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kompetensi sosial anak, terutama jika anak justru dilatih dengan bantuan negatif atau hukuman, seperti pukulan yang bukan bagian dari mindful parenting.

 

5. Ajarkan anak tentang memberi

Sungguh luar biasa jika kamu bisa mengajarkan anak tentang memberi, sehingga mengubah perspektif anak menjadi lebih baik. Memberi mengajarkan kasih sayang, empati, rasa terima kasih, dan kepercayaan diri pada anak.

6. Libatkan anak dalam olahraga

Anak yang aktif dapat memperoleh skor yang lebih tinggi pada tes dan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi

7. Kembangkan kekuatan anak

Anak akan lebih percaya diri ketika mereka terlibat dan fokus pada hal-hal yang mereka kuasai atau yang benar-benar membuat mereka tertarik. Biarkan mereka melakukan apa yang mereka sukai.

8. Hadir

Orangtua tidak perlu benar-benar memahami anak, biasanya kamu hanya perlu ada di sana dan mendukung mereka. Sudahkah kamu sebagai orangtua menerapkan langkah-langkah mindful parenting ini untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak?

Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019 di sini!

 

https://www.newshub.id/interactive/#/survey/737

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: 3 Kunci Sukses Pola Asuh Penuh Perhatian
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Bukti Self-Love, Ini Pentingnya Ambil Cuti Sehari Setiap Bulan